KPU Sekadau Sosialisasikan PSSU

21

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA –  Pelaksanaan Penghitungan Suara Ulang (PSSU) Pemilukada Bupati-Wakil Bupati Sekadau di 65 tempat pemungutan suara (TPS) dalam Kecamatan Belitang Hilir, telah ditetapkan tanggalnya pada 12 sampai 23 April 2021. Guna menginformasikan hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau mulai mengadakan sosialisasi.

Senin (5/4), sosialiasi PSSU dilaksanakan KPU kepada stekeholder terkait serta tim partai politik pengusung pasangan calon bupati-wakil bupati, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PHP.BUP-XIX/2021 pelaksanaan paling lambat 30 hari kerja KPU.

“Secara teknis penghitungan suara tidak sama dengan penghitungan suara pada pemilihan 9 Desember 2020,” ungkap Drianus Saban selaku Ketua KPU Sekadau dalam sosialisasi.

Saban menjelaskan, sesuai perintah MK, pihaknya fokus pada surat suara yang ada di dalam kotak suara. Untuk pelaksanaan direncanakan di kantor KPU Sekadau dengan menggunakan 4 panel penghitungan dan proses penghitungan langsung oleh komisioner KPU di masing-masing panel.

“Masing-masing panel disaksikan saksi paslon dan Bawaslu,” tukas Saban.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Theodorus Sustet menegaskan, sebagai lembaga terkait dalam pemilukada, sudah mempersiapkan diri dalam setiap tahapan dan kemungkinan yang bisa saja terjadi.

“Dalam proses penghitungan suara ulang, Bawaslu juga sudah siap, dimana saat ini Bawaslu melakukan pengawasan kotak suara di KPU,” kata Sutet.

Meski demikian, Sutet menyarankan agar teknis penghitungan surat suara dengan 4 panel ditambah oleh KPU. Ia menilai, 4 panel akan memakan waktu yang lama sehingga harus ditambah jumlah panel penghitungan dengan tidak keluar dari ketentuan protokol kesehatan.

Para peserta sosialisasi juga memberikan berbagai tanggapan, masukan, serta saran terkait proses dan teknis PSSU yang akan dilaksanakan KPU Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda