KPU Sekadau Rekapitulasi Suara Paslon Tingkat Kecamatan

8
Pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan di kantor KPU Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Setelah 3 hari melaksanakan penghitungan suara ulang (PSU) perolehan suara masing-masing paslon bupati – wakil bupati di 65 tempat pemungutan suara (TPS)  Kecamatan Belitang Hilir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau melaksanakan rekapitulasi tingkat kecamatan, Kamis (15/4) pagi.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara ulang tingkat Kecamatan Belitang Hilir pasca putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PHP.BUP-XIX/2021 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2020 itu, diselengarakan dengan teknis menggunakan 4 panel sama dengan pelaksanaan penghitungan ulang.

Sayangnya, dalam pelaksanaan rekapitulasi, saksi-saksi dari paslon nomor urut dua, pasangan Rupinus-Aloysius, walkout dari tempat kegiatan dengan alasan tertentu. Namun hal tersebut tidak menghentikan jalannya rekapitulasi dengan 4 panel di kantor KPU Sekadau itu.

Di luar gedung KPU, aparat keamanan dari TNI-Polri bersiaga melaksanakan pengamanan jalannya rekapitulasi. Akses masuk ke kantor KPU dari berbagai arah mendapatkan pengamanan ketat. Semua yang hadir di kegiatan KPU diwajibkan menggunakan tanda pengenal yang disiapkan panitia dari Sekretariat KPU.

Tampak beberapa Komisioner KPU Provinsi dan Bawaslu Kalbar memantau jalannya rekapitulasi. Bahkan sejumlah staf dari Sekretariatan KPU RI masih di-standby-kan di KPU Sekadau.

Direncanakan pasca rekapitulasi pleno tingkat kecamatan, sore ini KPU Sekadau segera melaksanakan rekapitulasi pleno tingkat kabupaten. Dan malam ini dilaksanakan penetapan hasil perolehan suara masing-masing paslon.

“Sore ini kita pleno tingkat kabupaten, malam kita tetapkan perolehan suara paslon,” ujar Drianus Saban selaku Ketua KPU Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda