Khawatir Jembatan Roboh, Dishub OKI Tahan 6 Truk Tangki

159

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Enam (6) unit mobil truk bermuatan CPO dengan tujuan PT Kelantan yang berada di Jalan Sepucuk Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI), distop oleh petugas Dinas Perhubungan setempat. Karena truk tersebut bermuatan melebihi kapasitas.

Kepala Dinas Perhubungan OKI, Antonio Ramadhon, Jumat (25/9/2020) mengatakan, sudah dua pekan ini pihaknya menempatkan petugas menjaga pos agar kendaraan seperti fuso atau truk tangki minyak melebihi kapasitas yang melintas di Jembatan Komering mengarah ke Sepucuk dilarang melintas.

“Karena kalau ini dibiarkan terus, jembatan dikhawatirkan akan ambruk. Pasalnya, kapasitas kendaraan yang bisa melintas hanya 8 ton, sedangkan saat kita stop, keenam truk itu bermuatan 25 ton. Tetapi kalau truk tangki tersebut dalam keadaan kosong bisa melintas,” ungkap dia.

Sebelumnya, kita sudah memanggil pihak perusahaan agar mematuhi aturan tersebut. Kata dia lagi, jembatan bukan dibuat oleh Dishub namun memang aturannya, jika tetap melintas ganti kendaraaan dengan truk kecil.

“Kalau memang masih ingin melintas, jalur alternatifnya lewat simpang Seberuk. Keenam mobil truk tangki itu dari Palembang menuju PT Kelantan, disana ada perusahaan sawit yang baru dibuka,” tandas dia.

“Itukan jembatan di jalan kabupaten yang memiliki aturan jika ingin melintas., Kita (Dishub OKI) memang tidak bisa melarang mereka beraktifitas, namun tolong kalau suatu saat kembali melakukan aktifitas kapasitas yang dibawa tidak lebih dari 8 ton,” tambah dia.

“Kedepan, kita akan terus melakukan pengawasan karena kadang masih ada kendaraan melebihi kapasitas daya tahan jembatan yang kucing-kucingan melintas saat tengah malam,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda