Ketua PWI Lampung Apresiasi Kementerian BUMN Selenggarakan UKW Gratis

35

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengapresiasi dukungan dari Kementerian BUMN dalam menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis, di Hotel Emersia Bandar Lampung, Rabu (10/1/2024).

UKW yang merupakan hasil kerja sama PWI pusat dengan Kementerian BUMN, diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas para wartawan.

Selain BUMN, Wirahadikusumah juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemprov Lampung yang selama ini juga mendukung kegiatan UKW gratis setiap tahunnya.

“Kita harus berterima kasih kepada pihak BUMN, karena memang ini semua ditanggung biayanya oleh BUMN. UKW di Lampung ini khususnya didukung oleh PT Pupuk Indonesia dan PT Telkom Indonesia,” kata Wira.

“Alhamdulillah karena kepedulian dari Pak Gubernur, setiap tahun kita juga dianggarkan untuk UKW. Tahun lalu UKW gratis digelar dua kali setahun. Tapi di tahun ini memang ada pengurangan jadi satu kali, karena kita sedang menghadapi hajat pesta demokrasi,” tambahnya.

Menurut Wirahadikusumah, PWI Lampung sudah 32 kali menggelar UKW sejak tahun 2011 lalu. Hasilnya sudah ada 846 wartawan Lampung yang dinyatakan kompeten. Sementara yang belum kompeten sekitar 400-an orang.

Ia menegaskan, UKW merupakan kegiatan yang diwajibkan oleh Dewan Pers untuk memastikan wartawan sudah menguasai komponen-komponen dasar dalam menjalankan profesinya.

“Wartawan itu harus menguasai tiga komponen dasar. Dia harus punya awareness (kepedulian), harus punya knowledge (pengetahuan) dan juga harus punya skill (kemampuan). Di UKW inilah tempatnya wartawan diuji atas tiga komponen itu,” jelasnya.

UKW juga menguji kepatuhan wartawan terhadap Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Wirahadikusumah juga mengapresiasi kehadiran Gubernur Arinal untuk membuka UKW perdana di tahun 2024 ini. Menurut dia, hadirnya gubernur membuka UKW adalah momen langka.

“Apresiasi kepada Pemprov Lampung khususnya kepada Pak Gubernur, karena sudah 32 kali kita menggelar UKW, sangat-sangat jarang gubernur sebelumnya hadir. Kehadiran Pak Gubernur di UKW ini sangat langka, karena melihat langsung bagaimana para wartawan mengikuti proses ujian agar menjadi jurnalis yang profesional dan berakhlak,” tandasnya.

Dalam laporannya, Wirahadikusumah juga memaparkan perkembangan organisasi PWI Lampung saat ini.

Total anggotanya di 15 kabupaten/kota saat ini sebanyak 1.001 orang. Dengan jumlah anggota biasa 621 orang, anggota muda 220 orang dan calon anggota 125 orang.

Untuk diketahui, UKW ini digelar secara gratis ini didukung oleh dua perusahaan milik negara, yaitu PT Telkom Indonesia dan PT Pupuk Indonesia.

Dalam acara pembukaan UKW ini turut hadir Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Direktur UKW PWI Dr. Firdaus Komar, Sekretariat PWI Lampung Andi Panjaitan, VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwijaya Palembang Rustam Efendi, Kadiskominfotik Lampung Achmad Saefullah, dan beberapa tamu narasumber UKW. (rilis PWI)

Bagaimana Menurut Anda