Kesal dengan PKS Selapan Jaya PT Sampoerna Agro, Puluhan Warga Berdemo dan Sampaikan 7 Tuntutan

2483

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dipicu rasa kesal terhadap pihak Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Selapan Jaya PT Sampoerna Agro, Tbk yang berada di Desa G3 Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan, puluhan warga berdemo, Senin (8/2) pagi.

Pada aksi unjuk rasa yang digelar di depan pabrik tersebut, dikawal ketat pihak keamanan. Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Masyarakat Mesuji Raya ini membawa kertas karton bertuliskan cacian lalu melalui pengeras suara menyampaikan tujuh tuntutan.

“Dalam aksi unjuk rasa tadi, kita telah menyampaikan tujuh tuntutan kepada pihak PKS Selapan Jaya PT Sampoerna Agro Tbk,” kata penanggung jawab aksi, Elvis Simbara, SE saat dikonfirmasi melalui seluler usai mediasi dengan pihak perusahaan tersebut.

Ketujuh tuntutan kita kepada pihak perusahaan, pertama, utamakan penyerapan tenaga kerja lokal dan pribumi. Kata dia lagi, kedua, pihak perusahaan harus berkontribusi dalam pengembangan kegiatan positif pemuda-pemudi daerah sekitar.

“Ketiga, perusahaan harus berkontribusi membantu masyarakat yang kurang mampu atau yatim piatu dan lansia di daerah sekitar. Keempat, perekrutan karyawan harus penuhi standar dan profesional, karena selama ini tidak begitu,” ungkap dia.

Masa iya, pelamar tidak lulus SD bisa bersaing dan mengalahkan pelamar yang berpendidikan diploma maupun sarjana. Masih kata dia, maka itu tuntutan kita kelima dalam perekrutan karyawan jangan gunakan sistem nepotisme.

“Yakni lebih memilih dan mengutamakan keluarga atau teman akrab, dengan kata lain berdasarkan hubungan bukan berdasarkan kemampuan individu. Keenam, asap pabrik mengakibatkan pencemaran udara yang berdampak pada masyarakat sekitar,” tandas dia.

Ketujuh, limbah pabrik yang mengalir sampai ke sungai SP4 Embacang Permai dan sungai lainnya di daerah sekitar perusahaan. Lanjut dia, telah menyebabkan pencemaran air dan ini sangat merugikan serta berdampak buruk bagi masyarakat sekitar.

“Aksi unjuk rasa kita tadi disambut baik oleh pihak PKS Selapan Jaya PT Sampoerna Agro Tbk dan tuntutan kami ditampung mereka, serta akan dipertimbangkan untuk kedepannya,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda