Kepala Dinkes Sekadau Yakin Sinovac Aman Digunakan

19
Plt. Kepala Dinas Kesehatan [Dinkes] Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sekadau, Herny Alfius

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Plt. Kepala Dinas Kesehatan [Dinkes] Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sekadau, Herny Alfius, menegaskan bahwa vaksin sinovac aman digunakan. Hal ini merujuk pada hasil pemeriksaan BPOM Indonesia.

“Kemarin tanggal 11 Januari 2021 keluar izin EUA oleh BPOM yang menyatakan bahwa vaksin ini aman untuk digunakan,” kata Henry saat dikonfimasi BERITAANDA, Selasa (12/1).

Setelah ada izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) itu, dijelaskan Henry,  Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar akan melaksanakan distribusi. Untuk tahap pertama, sesuai jadwal Januari ini dilakukan untuk tiga wilayah, yakni Kota Pontianak, Mempawah dan Kubu Raya.

“Februari baru daerah-daerah lainnya,” timpal dia.

Untuk Kabupaten Sekadau, Henry menyatakan masih menunggu juknis. Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau sudah mengajukan sebanyak 990 tenaga kesehatan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan vaksin.

Untuk kesiapan menerima vaksin, Henry menyakan saat ini pihaknya sudah menyediakan rantai dingin dan pelatihan tenaga vaksinator.

“Untuk keamanan vaksin, kita lakukan rapat koordinasi, terkait dengan pendistribusiannya. Karena ini dilakukan pengawalan dari pihak TNI-Polri dan Forkompimda,” papar Henry.

Direncanakan, sebagai simbolis nantinya, setelah tiba di Sekadau, sebanyak 10 dosis vaksin sinovac  akan digunakan untuk diaplikasikan kepada pejabat daerah (forkopimda) dan para tokoh masyarakat. Langkah tersebut dilakukan untuk membuktikan bahwa vaksin sinovac aman digunakan.

“Secara serentak nanti pertama penyuntikan itu forkompimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Ada 10 dosis yang kita siapkan,” tegasnya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda