Kemenag Sidimpuan Salurkan Zakat Profesi PNS Senilai Rp 300 Juta

544
Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan Saripuddin Siregar secara simbolis menyerahkan zakat profesi PNS kepada perwakilan mustahik di TPA Batubola.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padangsidimpuan menyalurkan zakat profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Kemenag setempat kepada para mustahik.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Padangsidimpuan Saripuddin Siregar menyebut, zakat profesi ini bersumber dari penghasilan PNS Kemenag, yang dihimpun selama setahun ke belakang, dan dilaksanakan setiap tahunnya.

“Jika tahun kemarin (2020) dalam bentuk beras, namun tahun ini berbentuk uang mengingat kondisi masyarakat yang saat ini kesulitan akibat terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya, di sela penyaluran zakat kepada ratusan mustahik yang ada di TPA Batubola, Jumat (7/5) sore.

Menurut Kakan Kemenag, total zakat yang terkumpul di tahun ini mencapai Rp 300 juta yang kemudian dibagikan kepada 2.000 mustahik. “Mereka ini meliputi warga yang kesehariannya mengais rejeki dari sampah,” imbuhnya.

Ia menilai, mereka, yang oleh Saripuddin mengistilahkan pejuang penjaga kebersihan di Kota Padangsidimpuan, sangat layak menerima zakat karena mengingat sumber pendapatan dari hasil memilah sampah terbilang minim.

“Meskipun nominal yang diterima tiap mustahik mungkin tidak banyak, akan tetapi paling tidak dapat mengurangi kesulitan mereka dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dan, hal ini patut kita syukuri bersama,” harapnya.

Pantauan BERITAANDA di lokasi, penyaluran zakat yang diserahkan secara simbolis oleh Kakan Kemenag kepada 10 mustahik itu dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sidimpuan Utara M. Asroi Hasibuan, pembagian zakat yang diadakan di areal tempat pembuangan akhir (TPA) Batubola ini merupakan kegiatan puncak penyaluran.

“Sebelumnya zakat serupa telah disalurkan ke sejumlah mustahik lainnya di beberapa tempat,” katanya, di acara yang mengusung tema ‘Berbagi dan Mensucikan Diri, Serta Berlomba Mendekatkan Diri Kepada Ilahi’ tersebut. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda