Karang Taruna Tapsel Survive di Tangan Barito, Bupati: Lanjutkan

389

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu menilai, Karang Taruna Tapsel di bawah kepemimpinan Ahmad Bangun Ritonga alias Barito, dapat survive dan mengalami fase kejayaan.

“Karang Taruna di Tapsel terasa menonjol berkat tangan kreatif Barito. Itu berdasarkan survey,” kata Syahrul, saat membuka turnamen bandminton memperebutkan piala bergilir Bupati Tapsel, di Istana Hasadaon, Desa Sialang Kecamatan Sayurmatinggi, Sabtu (26/9/2020) siang.

Pembukan turnamen yang juga bagian dari dalam rangka memperingati hari lahir Karang Taruna ke-60 ini, dihadiri Ketua DPRD Tapsel diwakili Dolly Putra P. Pasaribu, Kadis Sosial, Kadis Pertanian, Kaban Kesbangpol, Ketua Harian KONI, Ketua KNPI, para camat, serta undangan lainnya.

Bupati menuturkan, penilaiannya terhadap keberhasilan Barito membuat Karang Taruna Tapsel jaya, bukan tanpa argumentasi yang kuat. Dia merujuk kepada pernyataan dan pengakuan sejumlah Menteri Sosial kepada dirinya.

“Ada pengakuan sedikitnya dari tiga Menteri Sosial yang saya kenal. Sebut saja Idrus Marham, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Juliani Batubara. Mereka mengatakan bahwa Karang Taruna Tapsel itu luar biasa,” tutur dia.

Berangkat dari itu, Syahrul mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada segenap pengurus serta warga Karang Taruna mulai tingkat desa / kelurahan, kecamatan hingga kabupaten, telah eksis dan menjadi Karang Taruna kabupaten terbaik se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Tolong pencapaian ini anak-anakku sekalian, agar terus dipertahankan. Solidaritas dan kekompakan yang sudah terbangun harus dilanjutkan. Sehingga, harapan Karang Taruna sebagai laboratorium bangsa menciptakan calon-calon pemimpin masa depan bisa terwujud,” pesannya.

Bupati juga berpesan, supaya warga Karang Taruna aktif dalam menggunakan hak pilihnya alias tidak golput pada saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah serempak di tanggal 9 Desember 2020, yang juga dihelat di Tapsel.

“Keberlanjutan pembangunan Tapsel untuk lima tahun ke depan ditentukan keterlibatan kalian memilih pemimpin. Untuk itu, cerdaslah menentukan pilihan dengan meneliti bibit, bebet, bobot, serta kriteria calon mana yang benar-benar ingin melanjutkan pembangunan Tapsel,” ujarnya.

Ketua Karang Taruna Tapsel, Ahmad Bangun Ritonga menyebut, peringatan hari lahir Karang Taruna di Tapsel yang dirayakan dengan turnamen badminton ini bertema ‘Bersatu Dalam Kesetiakawanan’. Digelar secara terbatas dan sederhana mengingat situasi pandemi Covid-19.

Turnamen ini diikuti para atlet-atlet badminton yang juga kepengurusan Karang Taruna, utusan dari kecamatan se-Kabupaten Tapsel. Even diselenggarakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Menurut Barito, fungsi Karang Taruna yang salah satunya menggiatkan pemuda di bidang olahraga adalah pijakan berpikir diselenggarakannya turnamen ini. Serta, bagian dari aktualisasi visi dan misi Pemkab Tapsel yang salah satu poinnya adalah menciptakan masyarakat sehat.

“Sebagai organisasi di bawah naungan pemerintah, tentu sebuah kewajiban dan tanggung jawab bagi setiap insan Karang Taruna untuk mendukung dan mensukseskan apa saja program yang dicanangkan pemerintah,” imbuhnya.

Barito mengaku, kesuksesan ataupun pencapaian yang telah diraih Karang Taruna, tidak terlepas dari dukungan penuh dari Bupati Tapsel dan Ketua MPKT Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu. Karang taruna survive, juga karena adanya support melekat dari perangkat daerah terkait.

Selaras dengan apa yang diutarakan bupati, bagi Barito, keberpihakan pemerintah menopang kegiatan pemuda dalam hal ini Karang Taruna mempunyai ekses langsung atas keberlanjutan tumbuh berkembangnya organisasi.

“Kita (Karang Taruna) tentunya akan selalu membutuhkan figur seperti Bapak Syahrul yang memiliki atensi khusus terhadap pemuda. Dan, kepemimpinan serupa bisa lahir kembali dengan kejelian karang taruna mengidentifikasi, mana pemimpin selanjutnya yang pro pemuda,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda