Kapolda Sumsel: 145.390 Jiwa Berhasil Diselamatkan dari Penggunaan Narkotika

298

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs Priyo Widyanto MM didampingi Dir Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol. Heri Istu Hariono, SSI dan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Supriadi, MM serta Kabid Labfor Polda Sumsel Kombes Pol. Kuncara Yuniadi adakan konferensi pers, Rabu (4/3/2020), bertempat di Mapolda Sumsel.

Kapolda mengatakan, pihaknya berhasil menyelamatkan 145.390 jiwa manusia dari penggunaan narkotika.

“Pengungkapan kasus tersebut bersal dari empat TKP dengan 7 tersangka, merupakan jaringan narkoba yang dikendalikan oleh Alamsyah alias Alam (DPO). Sementara barang bukti yang kita amankan antara lain narkotika jenis sabu sebanyak 24 Kg (2400 gram) dan ekstasi 695 butir,” jelas Kapolda.

Di TKP pertama Jalan Ki. Merogan Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati Kota Palembang pada tanggal 14 Februari 2020, tepatnya di pinggir jalan, tim berhasil menangkap tersangka Iskandar Saleh asal Lampung, Ishak warga Kertapati, serta Rahmanda Riduan warga SU I Palembang. Untuk barang bukti berupa 3 bungkus jenis ekstasi warna biru logo S dengan jumlah 300 butir.

Pada TKP kedua di Jalan Kol. Dani Effendi RT 36 RW 05 Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang pada tanggal 14 Februari 2020, kembali tim berhasil mengamankan tersangka Hari Agustina dan Alamsyah yang saat itu melarikan diri (DPO). Untuk barang bukti berupa 2 bungkus narkotika sabu dengan berat bruto 2113 gram, serta 395 butir pil ekstasi warna biru logo S dengan berat 165 gram.

Kemudian di TKP ketiga di Jalan Kebun Sayur / Jalan Raya HM. Noerdin Pandji, tepatnya di depan Lorong Sungai Putat RT 76 RW 08 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Kota Palembang, dengan tersangka Sayadi dan Sandi Eko Wardo. Barang bukti yang diamankan berupa 22 bungkus kemesan teh Cina Guan Yin Wang berisikan narkotika jenis sabu dengan berat bruto 22 Kg.

Dan di TKP keempat di Bedeng Jalan Mayor Zen Lorong Harapan Jaya Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni Palembang dengan barang bukti satu buah senpi jenis revolver berisikan 3 butir amunisi.

Dari empat TKP itu juga berhasil disita 4 motor dan 4 unit mobil. Dan satu buah surat tanah atas nama Yaumi Kalsum.

“Untuk pasal yang dipersangkakan Primer Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Subsider Pasal 112 Ayat (2) JO. Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 20 tahun dan paling lama pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau pidana mati, pidana penjara seumur hidup,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda