Kadis Disdik Sergai Segera Panggil Korwil Dolok Merawan Terkait Dana BOS

576
Sugiono selaku Korwil Kecamatan Dolok Merawan

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) seharusnya  transparan dan melibatkan semua struktur sekolah, diantaranya guru, komite sekolah, dan orangtua siswa, guna menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan. Namun, Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diduga terjadi melakukan penyimpangan dalam penggunaan dana BOS tersebut.

Sugiono selaku Korwil Kecamatan Dolok Merawan saat dikonfirmasi oleh para awak media menyebutkan, bahwa penggunaan dana BOS hanya boleh diketahui oleh ketua komite dan tidak boleh diketahui orangtua siswa.

Korwil juga mengatakan bahwa para orangtua siswa tidak boleh tahu tentang dana BOS tersebut, yang penting jangan ada kutipan satu rupiah dari para orangtua siswa.

“Kalau ada kutipan, pasti mereka ngomong sesama orangtua siswa tentang kutipan itu, kecuali ada bahasa itu bukan kutipan sekarang, sumbangan. Kalau kutipan gak boleh, masalah nanti. Kalau menurut saya, mereka gak perlu tahu. Karena dana BOS itu untuk buku, untuk buku anak mereka, untuk bayar ujian anak mereka,” sebut Sugiono.

Dia pun menegaskan bahwa publik tidak berhak mengetahui penggunaan dana BOS yang notabene uang negara. “Yang penting dana tersebut tidak kemana-mana,” ungkap Korwil Dolok Merawan.

Saat awak media mengkonfirmasi masalah dana BOS tersebut dan mempertanyakan undang-undang tentang KIP tidak berarti, beliau menjelaskan, ‘iya kayak gitu’, jawabnya.

Sementara Boru Sitorus selaku Kepala Sekolah SDB 102123 Dolok Merawan menambahkan, bahwa penggunaan dana BOS sama sekali tidak pernah diberitahukan kepada siswa-siswi.

“Sebab, para siswa-siswi ini tidak bayar apa-apa lagi,” katanya.

Selanjutnya awak media mengkonfirmasi kepada Kadis Pendidikan Sergai Drs.Joni Walker Manik MM via ponselnya, Sabtu (7/9/2019), terkait statement Korwil Dolok Merawan.

Ia mengatakan bahwa beliau sedang ada tugas (dinas), dan berjanji akan memanggil Korwil Dolok Merawan tersebut.

”Memang SDM-nya macam mana dia, nanti akan saya panggil dia,” ungkap Joni Walker. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda