Jumlah CJH Tapsel Meningkat Dibanding Tahun Lalu

193
Ilustrasi

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Seperti biasanya manakala memasuki bulan Idul Adha (musim ibadah haji), dihampir setiap daerah kabupten/kota se-Indonesia memberangkatkan calon jamaah haji (CJH) masing-masing ke tanah suci Makkah.

Pun demikian di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang rencananya juga akan memberangkatkan jamaahnya. Diketahui, dibanding tahun sebelumnya, jumlah CJH Tapsel 2019 meningkat sebesar 14 persen. Dimana tahun lalu sebanyak 185, meningkat menjadi 211 atau bertambah 26 orang.

Kepala Kantor Kemenag Tapsel Dahman Hasibuan melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Makrup Siregar, Kamis (4/7/2019) kepada wartawan menyebut, pemicu peningkatan persentase CJH ini kemungkinan dikarenakan faktor perubahan ekonomi para jamaah.

Dia merincikan 211 CJH tersebut terdiri dari perempuan 138 orang dan laki-laki sebanyak 73 orang. Jumlah itu sudah termasuk salah satu petugas TPHD bernama Hasanuddin Mara Paindoan bin Mara Paindoan Siregar asal Kecamatan Arse.

“Untuk CJH tertua bernama Nurli Gultom binti Kosim Gultom berusia 92 tahun asal Kecamatan Marancar, dan yang termuda masih berusia 17 tahun, Latifah Hanum Harahap binti Baharuddin Harahap asal Kecamatan Batangtoru,” sebut Makrup.

Mereka nantinya akan bergabung di kelompok terbang (kloter) 22 bersama jamaah asal Kota Medan-Dhuyufurrahman (122 orang), ditambah perorangan atau petugas pendamping (5 orang) sehingga total keseluruhan berjumlah 338 orang.

Sebelum diterbangkan dari embarkasi Kualanamu Deli Serdang menuju Jeddah 5 Agustus 2019 mendatang, CJH Tapsel ini terlebih dulu diinapkan di asrama haji Medan 4 Agustus 2019, usai sehari sebelumnya diberangkatkan dari Sipirok menuju Medan.

“Sesuai jadwal, Senin (5/8/2019) pukul 10.15 Wib, jamaah yang tergabung pada kloter 22 ini terbang dengan menaiki pesawat Garuda nomor penerbangan GA.3222 dari Kualanamu, dan akan tiba di Jeddah pada pukul 16.00 waktu Arab Saudi,” tutupnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda