Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Kerinci Genjot Pelayanan e-KTP

81

KERINCI, BERITAANDA – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 14 Februari 2024 tinggal menghitung hari. Untuk menyukseskan serta memperlancarkan pesta rakyat 5 tahunan itu agar masyarakat dapat menentukan pilihannya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kerinci terus menggenjot pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan kartu keluarga (KK).

Kepala Disdukcapil Kerinci Nafritman SE M.Si menerangkan, hingga saat ini sekitar 1.200 lebih masyarakat Kerinci yang terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilihan Tetap) pemula belum melakukan perekaman.

“Sekarang kami bekerja sama dengan  KPU Kerinci serta jajaran PPK dan PPS mengimbau kepada masyarakat yang sudah ada di dalam DPT untuk melakukan perekaman e-KTP,” kata dia, Rabu (7/2/2024).

Ia menambahkan, untuk mempermudahkan masyarakat melakukan perekaman pihaknya telah menyediakan tiga titik, yakni Kecamatan Gunung Tujuh, Kayu Aro dan Kayu Aro Barat.

“Ya, sesuai instruksi dari Pj. Bupati Kerinci, kami siap tidak libur. Kamis dan Jumat kita tetap buka. Kantor menunggu masyarakat yang ingin melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP,” ujarnya.

“Mudah-mudahan masyarakat Kerinci yang ada dalam DPT, yang datanya sudah ada di KPU, untuk datang perekaman, karena kita sudah menyediakan tempat,” harap dia.

Dikatakannya, sementara untuk blangko e-KTP sekarang ini yang tersedia diprioritaskan untuk pencetakan e-KTP pemilih pemula. Nanti setelah tanggal 14 Februari 2024, baru kami koordinasi kembali meminta blangko ke Provinsi Jambi.

“Kalau untuk tukar e-KTP kita pending dulu, yang kita prioritaskan sekarang adalah untuk pencetakan pemilih pemula atau masyarakat yang baru melaksanakan perekaman,” kata dia.

“Saya berharap kepada petugas PPS yang ada di desa untuk memprioritaskan kepada tenaga kami yang ada di Capil untuk memilih lebih awal, agar mereka secepatnya kembali ke kantor pada tanggal 14 Februari,” harapnya. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda