Jatah Test Usap Covid-19 Tapsel Sebanyak 193

24
Ilustrasi.

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) laksanakan test usap missal di Kecamatan Angkola Timur, Kamis (24/9/2020), sebagai rangkaian dari kegiatan serempak yang dilakukan di Sumatera Utara.

“Kegiatan ini diadakan sejak 21-26 September 2020 sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. Untuk Tapsel, kita memperolel jatah sebanyak 193,” kata Kadis Kesehatan Tapsel dr. Sri Khairunnisah, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, animo atau keinginan masyarakat untuk mengikuti test usap (test swab) terbilang cukup tinggi. “Meski masih juga sebagian yang sungkan karena takut trauma bila tahu hasilnya reaktif (positif),” sebut Sri di sela kegiatan.

Lebih lanjut diuraikannya, khusus Kecamatan Angkola Timur ada 28 peserta test usap, baik dari masyarakat umum maupun tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat.

“Yang kita test usap orang-orang tanpa gejala maupun ada kontak erat terhadap orang yang terkonfirmasi (positif) maupun yang reaktif Covid-19,” sambung Kadis Kesehatan.

Hasil test usap ini baru keluar satu dua pekan kedepan setelah dikirimkan ke Medan. “Mudah-mudahan melalui tes ini akan memudahkan gugus tugas melakukan pelacakan (tracking) penyebaran Covid-19 di daerah ini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, test usap massal ini pihak Dinas Kesehatan melibatkan 4 tenaga medis dibantu paramedis Puskesmas masing-masing kecamatan yang sudah terlatih, disertai perlengkapan alat pelindung diri (APD) standar kesehatan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda