Berulah Lagi, Residivis Kasus Curanmor Ini Kembali Ditangkap

546

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kembali berulah, Jono alias Jon alias Tono (42) yang merupakan residivis kasus curanmor tercatat sebagai warga Desa Kijang Awal Terusan Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini diamankan polisi, Kamis (24/9/2020).

Pria tersebut ditangkap saat sedang berada di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal OKI oleh Timsus Macan Komering Polsek Tulung Selapan yang dipimpin Kapolsek IPTU Eko Suseno didampingi Kanit Reskrim IPDA Suroto.

Hal ini karena, pria itu dicurigai masyarakat akan melakukan kejahatan dan juga terlibat kasus pencurian di wilayah hukum Polsek Tulung Selapan, sehingga Kapolsek dan tim menangkapnya lalu diamankan ke Mapolsek Tulung Selapan OKI.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, residivis kasus curanmor ini pada Senin (25/5/2020) lalu telah beraksi kembali di Desa Tulung Selapan Kecamatan Tulung Selapan, OKI.

“Sekira pukul 05.00 Wib, tersangka mencuri 1 unit sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam dan 1 unit HP Oppo milik korban Ardinel (25), warga Desa Kayuara, Kecamatan Tulung Selapan OKI,” ungkapnya.

Modusnya, tersangka Jono datang ke bedeng yang disewa Liku di Jalan 4 Desa Tulung Selapan. Kata dia lagi, lalu mengajak korban Ardinel, sahabat yang dikenalnya saat menjalani hukuman di Lapas Kayuagung untuk menginap di bedeng sewaan Liku.

“Ketika itu korban Ardinel membawa sepeda motor dan HP. Akan tetapi, saat korban Ardinel dan Liku terlelap, pada pukul 05.00 Wib, tersangka Jono bangun mengambil kunci kontak dan HP korban yang tidur di kamar, lalu tersangka keluar kamar bedeng dan mengunci bedeng dari luar,” ujar dia.

Kemudian, masih kata dia, tersangka melarikan sepeda motor berikut HP korban Ardinel dan dibawa ke Sungai Rotan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, menemui seorang yang dikenalnya bernama Din, tetapi tak mengetahui rumahnya.

“Lalu oleh Din, dijual di daerah 7 Ulu Kota Palembang kepada orang yang tidak dikenal oleh tersangka dengan harga Rp3 juta. Dan uangnya habis untuk belanja beli HP, juga pakaian. Akibat peristiwa itu, kerugian korban Ardinel sekira Rp17 juta,” tandas dia.

Tersangka Jono alias Jon alias Tono adalah resedivist dalam perkara curanmor, tambah dia, dan kini telah diamankan berikut barang bukti 1 unit HP merk Samsung, 1 helai celana panjang levis warna hitam dan 1 helai baju kemeja tangan pendek warna putih bintik hitam. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda