HUT Satpam ke-39, Polda Lampung Berikan Penghargaan

272

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka HUT Satpam ke -39 yang digelar hari ini, Kamis (23/1/2020), di halaman Mapolda Lampung. Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudharsono selaku inspektur upacara (irup) memberikan penghargaan kepada dua (2) orang satpam yang memiliki prestasi terbaik dalam menjalankan tugasnya.

Kedua satpam tersebut masing-masing bernama Putu Agus Artayasa yang bertugas di GMP Lampung Tengah, dan Syafei yang bertugas di Unila sejak tahun 1980 hingga pensiun tanpa cacat.

“Satpam merupakan mitra utama Polri, maka dari itu harus mempunyai kemampuan dan kualifikasi. Saya menghimbau agar senantiasa untuk menjaga kesehatan dan niatkan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan, tingkatkan kerjasama yang sinergis dengan TNI dan Polri,” kata Wakapolda Lampung saat menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis pada kesempatan itu.

Kepada seluruh personel satuan pengamanan di manapun bertugas, lanjut Wakapolda, momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

“Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya. Kehadiran satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional,” jelas dia.

“Dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” tambah Wakapolda.

Kapolri juga berpesan untuk meningkatkan kesiap-siagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal.

“Bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerjasama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja,” pungkasnya.

HUT yang bertemakan ‘satuan pengamanan berbasis kompetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia maju’ ini, ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda