HUT ke-76 OKI, Momentum Bersatu untuk Bertumbuh

66
Bupati OKI H. Iskandar, SE. [Sumber Foto Kominfo OKI]

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Hari jadi ke-76 Kabupaten Ogan Komering Ilir [OKI] mengambil tema ‘bersatu, bertumbuh’. Melalui tema ini, Bupati OKI H. Iskandar, SE menyampaikan bahwa persatuan adalah modal untuk bertumbuh bersama di tengah bangsa Indonesia yang masih menghadapi ancaman pandemi.

“Peringatan hari jadi ini kita jadikan sebagai flashback untuk belajar dan mengenang, bahwa leluhur kita lebih dari sekedar saksi sejarah, bahwa mereka adalah pelaku sejarah yang telah melewati berbagai ujian masa lalu dan mereka mampu melampuinya,” terang bupati pada rapat paripurna HUT ke-76 OKI di Gedung DPRD OKI, Senin (11/10).

“Untuk itu sebagai generasi penerus kita mesti belajar dari pendahulu dalam menghadapi ujian pandemi,” tambah dia.

Setelah satu setengah tahun menghadapi cobaan pendemi, Iskandar mengungkapkan, telah mengubah tatanan hidup masyarakat. Seperti kesadaran akan pentingnya hidup sehat, gotong-royong hingga antusiasme masyarakat untuk divaksin yang semakin tinggi.

“Cara kita bekerja telah berevolusi. Lebih lincah dan semakin responsif, karena pandemi harus ditangani secara massif,” terangnya.

Untuk menghadapi pandemi, terang dia, penyediaan layanan kesehatan terus ditingkatkan. Seperti penambahan kapasitas tempat tidur di RSUD Kayuagung, penyediaan isolasi terpusat di Wisma Karantina Teluk Gelam, di RS Pratama Tugu Jaya maupun fasilitas pendukung pada Puskesmas-Puskemas yang terus membaik.

Iskandar juga mengapresiasi para tenaga kesehatan yang berjuang selama pandemi. Tenaga kesehatan menurut dia, telah menjadi pahlawan kemanusiaan.

“Para dokter, perawat, pengurus jenazah, dan tenaga kesehatan lainnya hingga semua petugas di lapangan telah mengabdikan diri mereka atas nama kemanusiaan. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat OKI menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada saudara-saudara,” terangnya.

Selain itu, Iskandar juga mengapresiasi solidaritas antar lembaga pemerintahan yang semakin terkonsilidasi. Sejak pandemi, menurut dia, DPRD dan Forkopimda bergerak terpadu dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan perekonomian.

“Manajemen lapangan dalam testing, tracing, treatment dan vaksinasi, telah mengasah kepemimpinan di semua level pemerintahan. Hal itu meningkatkan kapasitas setiap lembaga dalam menghadapi bencana meningkat pesat dan semakin mampu,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda