HUT Juang Benteng Huraba Gelorakan Semangat Patriotisme

581

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Peletakan sejumlah karangan bunga dan alunan lagu Indonesia Raya warnai peringatan Hari Juang Benteng Huraba ke-70 tahun 2019, bertempat di Desa Huraba Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Ahad (5/5/2019).

Acara penuh khidmat ini diisi kehadiran Dansat Brimobdasu Kombes Pol Djadjuli, Penasehat PKBB (Paguyuban Keluarga Besar Brimob) Brigjen Pol (Purn) Rajman Tarigan, Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO), serta Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto.

Selain itu tampak hadir Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji, Danyon C Brimob AKBP Bravo Siahaan, serta Danyon 123/RW Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing.

Kemudian anggota DPRD Tapsel, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Sekda Madina, Staf Ahli Bupati Zulfahmi, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Camat Batang Angkola Taufik Lubis, dan para veteran Brimobdasu.

Sambutan Kapolda Sumut disampaikan Dansat Brimobdasu Kombes Pol. Djadjuli mengharapkan, peringatan Hari Juang Benteng Huraba ke-70 tahun ini dapat memberi motivasi dan semangat juang kepada generasi muda Brimob Polri utamanya.

“Sejarah pejuang Brimob Polri dan TNI beserta masyarakat, tidak boleh diabaikan apalagi sampai dilupakan. Kita ingin generasi muda memiliki rasa patriotisme cinta tanah air dan semangat bela negara,” katanya.

Hari ini, ungkap Djadjuli, 70 tahun silam ditanggal yang sama (5 Mei 1949) sekitar pukul 04.00 Wib, merupakan hari dimana berkabungnya pejuang Mobrig yang kini menjadi Brimob dan TNI serta pejuang dan masyarakat lainnya di Tapanuli Selatan.

“Komandan Keresidenan Tapanuli yang berkedudukan di Penyabungan saat itu dijabat Inspektur Kelas I, Mayor Kadiran, memimpin pasukan Brimob dan TNI bersama masyarakat dalam sebuah pertempuran sengit melawan penjajah Belanda,” kisah Djadjuli.

Senada, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan oleh Bupati H Syahrul M Pasaribu melalui Sekda Parulian Nasution, mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan peringatan Hari Juang Benteng Huraba ke-70.

Sekda mengatakan, Benteng Huraba adalah monumen saksi bisu perjuangan gigih para pahlawan, dan tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa dalam upaya menghalau keberadaan agresi militer Belanda agar angkat kaki kala itu.

“Sungguh tiada terhingga jasa para pahlawan bangsa, seperti Mayor Bejo dan Mayor Kadiran. Mereka bersedia mengorbankan nyawa penuh cucuran darah demi mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara dari upaya perampasan Belanda,” ujarnya.

Parulian menegaskan, sungguh sejarah itu tidak boleh dilupakan. Rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme harus senantiasa tertanam di hati sanubari setiap anak bangsa. Dimana jiwa patriotisme rela berkorban musti diwariskan.

s”Mari galang persatuan dan kesatuan untuk Indonesia kuat. Indonesia yang mampu menghadapi ancaman, tantangan, rongrongan dari dan luar negeri berbingkai semangat NKRI harga mati. Kita ciptakan stabilitas nasional yang mantap dan dinamis,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda