Hindari Razia, Pemuda Ini Nekat Lompat dari Motor

16

PALEMBANG, BERITAANDA – Seorang pemuda berusaha kabur menghindari razia petugas di Jalan Gubernur HA Bastari, tepatnya di depan Mapolrestabes Palembang pada Sabtu (24/10/2020) malam, dengan cara nekat melompat dari sepeda motornya.

Berawal saat dua orang mengendarai sepeda motor melaju dari arah Jembatan Ampera menuruni fly over simpang Jakabaring. Begitu melihat ada kerumunan petugas, pengendara tersebut tak mengenakan helm tersebut berputar arah melawan arus.

Petugas yang berjaga di dekat fly over, kemudian berusaha menghalau sepeda motor itu.

Seorang pemuda yang duduk di belakang melompat dari motor, sementara rekannya kabur ke arah simpang Jakabaring.

Polisi yang curiga, lalu mengejar pemuda tersebut yang nekat menyeberang jalan di tengah arus kendaraan yang cukup padat. Petugas pun berhasil meraih pemuda itu, saat ia terjatuh di pinggir jalan dan menggeledahnya.

“Kamu kenapa lari?” tanya Kabag Ops Polrestabes Palembang, AKBP Eddy Aprianto yang ikut mengejar pemuda itu.

“Saya takut, Pak,” kata pemuda yang mengaku bernama Amir (25), warga Cinta Manis, Ogan Ilir ini.

Oleh petugas, Amir pun diperiksa lebih lanjut, namun tak ditemukan adanya indikasi pelanggaran hukum atau tindakan kriminal yang dilakukannya.

Selain Amir, ada sejumlah pengendara yang mencoba putar arah saat melihat ada razia. Bahkan, tak sedikit pengendara yang melawan arah melaju di atas fly over.

Kabag Ops Polrestabes Palembang AKBP Eddy Aprianto mengatakan, razia ini guna menekan angka kecelakaan sekaligus antisipasi pencurian serta penyalahgunaan narkotika.

“Selain kendaraan yang tak melengkapi surat-surat, razia ini untuk antisipasi curat, curas dan curanmor,” kata Eddy kepada wartawan setelah giat razia.

Ada sekitar 20 kendaraan roda dua yang terjaring razia karena tak melengkapi surat kendaraan dan melakukan pelanggaran lainnya.

“Terutama pelanggar yang tidak pakai helm, semua kami berikan surat tilang. Untuk pengendara, tetap utamakan keselamatan berkendara, lengkapi surat-surat kendaraan, tertib berlalu lalu lintas dan tetap jaga protokol kesehatan,” kata Eddy. [Ana]

Bagaimana Menurut Anda