Hasil Uji Sampel Makanan di Pasar Kayuagung, Mie Kuning Basah Positif Formalin

184

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Hasil tes dari sampel makanan di sejumlah pedagang berupa mie kuning basah, tahu, ikan asin, mie ayam, cincau, kolang kaling di Pasar Kayuagung. Ternyata untuk mie kuning basah positif mengandung formalin.

Hasil uji tes sampel dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKI bersama dengan Dinas Perdagangan dan tim Pidsus Polres OKI di UPTD Pasar Kayuagung, Senin (18/4).

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI Drs Alamsyah M.Si didampingi Kanit Pidsus IPTU Wahyudi dan perwakilan Dinkes mengatakan, semua sampel makanan khususnya yang tergolong mengandung formalin diambil sampelnya untuk dilakukan uji. Yakni apakah mengandung formalin dan zat berbahaya atau tidak.

“Tadi dilakukan cek sampel makanan dari sejumlah pedagang yang ada di Pasar Kayuagung. Rata-rata semua pedagang diambil sampelnya. Sebanyak 16 sampel makanan yang diambil. Dari itu, ada 4 sampel makanan berupa mie kuning basah mengandung formalin,” jelas dia.

“Dari hasil uji tes yang dilakukan langsung setelah sidak tadi, rupanya mie kuning basah yang dijual pedagang mengandung formalin. Sedangkan untuk makanan lainnya tidak,” pungkasnya lagi. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda