Hasil Musda, Turmudi Resmi Didaulat Jadi Ketua Forum CSR OKI Periode 2023 – 2028

230

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Berbenah, ini rencana kerja yang akan segera dilakukan oleh Ir. Turmudi usai resmi didaulat sebagai Ketua Forum CSR Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2023 – 2028, hasil Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar pada hari Kamis (19/10/2023).

Musyawarah Daerah (Musda) Forum CSR Kabupaten OKI tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) 1 Setda OKI, dihadiri oleh NGO, unsur pemerintahan, badan usaha atau perusahaan, dan tokoh masyarakat.

“Kegiatan hari ini sebagai tindak lanjut dari terbitnya Perbup Nomor 9 Tahun 2021 tentang CSR. Sehingga tidak sampai ada Perbup yang tidak berjalan, makanya Musda dilaksanakan,” kata Ir. Turmudi.

Kata dia lagi, sebenarnya kegiatan ini sudah dirumuskan sejak 2 bulan lalu, makanya digelar Musda. Dalam Musda tadi disepakati lima point, mulai dari pertanggungjawaban dan program kerja, karena selama ini belum ada alat ukur untuk organisasi atau disebut AD/ART.

“Tapi kini sudah ada, Alhamdulillah. Tadi sudah dibahas dan disahkan. Insya Allah 1 tahun kedepan. Kita berbicara jangka pendek, kita akan perbaiki keorganisasian, mulai dari internal Forum CSR, mekanisme kerja dan SOP bagaimana,” tandas dia.

“Karena kita harus berbenah atau perbaiki diri dulu, dan bersama perusahaan. Yang jelas kedepan, kita akan maju bersama dengan pemda, seperti diketahui bersama pemda harus dibantu pihak ketiga, peran Forum CSR untuk mengkondisikan,” ujar dia.

Kedepan, pihaknya akan membantu pihak ketiga menentukan titik – titik mana saja yang tak mampu dibangun pemda.

“Jadi pertahun, sebelum Musrenbang, kita sudah mengakomodir mana yang akan dibangun CSR perusahaan, disampaikan ke Bappeda. Artinya, dalam Musrenbang tadi, jangan lagi APBD dimasukkan kesitu, sehingga terkonsentrasi, karena sudah atau akan dibangun oleh perusahaan. Dan ini sesuai amanat Perda, dimana penggunaan CSR harus dilaporkan 6 bulan sekali,” ungkap dia.

Selama ini, kata dia lagi, diketahui perusahaan banyak sudah melakukan pembangunan, tapi tanpa terakses oleh kita. Semoga kedepan, tidak lagi seperti itu.

“Dan perwakilan dari 33 perusahaan yang tadi hadir pada Musda siap membantu pemda membangun OKI yang berkelanjutan,” pungkas dia.

Sementara itu, Gadang Harto Hartawan selaku Ketua Forum CSR periode 2019 – 2023 mengatakan, ia mengharapkan pengurus yang baru ini harus mendukung program sebelumnya sudah berjalan sehingga terus berlanjut.

“Juga kita berharap dalam forum CSR ini, bisa dilakukan penguatan tim monitoring. Karena ini paling penting, sebagai satu bagian sangat berperan dalam rangka melihat, apakah perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten OKI sudah menjalankan program CSR-nya sesuai diharapkan,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda