Hadiri Gawai Kebong, Bupati Ajak Masyarakat Terlibat Aktif di Kelam Tourism Festival 2019

141

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Beberapa hari kedepan, Kabupaten Sintang akan melaksanakan berbagai kegiatan atau event akbar. Salah satunya Kelam Tourism Festival tahun 2019 yang di helat 8-14 Juli 2019 ini.

Agar kegiatan tersebut berlangsung meriah, masyarakat harus terlibat aktif dalam event itu, terlebih warga di kawasan Kelam yang memilik adat budaya yang sangat luhur.

“Saya minta masyarakat Kebung, Kelam Sejahtera dan Merpak harus aktif untuk terlibat langsung pada kegiatan itu. Karena sesungguhnya yang kita pertontonkan kepada dunia adalah masyarakat adat sekitar Bukit Kelam,” kata Jarot saat membuka Gawai Dayak Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai, Jumat (28/6/2019) siang.

Terlebih, lanjut Jarot, kegiatan gawai seperti inilah kesempatan untuk menggali kembali atau menampilkan adat istiadat dan budaya, sehingga saat pelaksanaan event Kelam Tourism Festival dapat ditunjukan kepada khalayak ramai.

Selain itu, Jarot juga menyampaikan bahwa pada tanggal 5 – 10 Juli 2019 atau beberapa hari lagi, akan hadir jurnalis dari BBC London Inggris di Sintang, yang akan meliput secara khusus 8 objek wisata di Sintang, salah satunya masyarakat adat Kelam.

“Jadi, mudah-mudahan mereka liput, lalu kemudian disiarkan ke seluruh dunia bahwa kita masyarakat adat yang tinggal di kawasan Bukit Kelam ini memiliki adat dan budaya yang luhur,” ungkap Jarot.

Sementara itu Sekretaris DAD Sintang yang juga Kepala DPMPD Herkolanus Roni, meminta moment gawai dayak inilah kesempatan untuk pelestarian adat dan budaya yang harus menjadi catatan pemerintah desa, jangan hanya kegiatan seremonial gawainya saja yang dilakukan.

“Pelestarian budaya yang saya maksud tadi, pak bupati datang lalu disambut dengan ompong, kemudian ada tarian-tarian. Nah, hal ini harus tetap lestari dan dijaga keberadaannya oleh pemerintah desa,” pinta Roni. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda