Gugus Tugas Sekadau Canangkan Vaksin Covid-19

10

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaksanakan pencanangan vaksin corona, bertempat di halaman parkir kantor Bupati Sekadau, Selasa (2/2).

Sebanyak 16 orang unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan tokoh masyarakat serta agama diikutkan dalam kegiatan tersebut. Selain itu, sejumlah Kepala Dinas, Kantor, Badan juga ikut serta menyaksikan acara tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alfius mengatakan, upaya pemerintah Indonesia menangani Covid-19 melalui vaksin sudah dimulai sejak Januari 2021.

“Di Kabupaten Sekadau dimulai dengan distribusi vaksin berjumlah 2.240 dosis yang diberikan kepada 1.024 tenaga kesehatan dan pejabat daerah, tokoh masyarakat dan yang berpengaruh di daerah,” papar Henry.

Para penerima vaksinasi selanjutnya dilakukan screening kesehatan, serta tidak diberikan kepada ibu menyusui.

Sampai dengan hari ini, dilaporkan Henry, sebanyak 645 dosis vaksin Covid telah didistribusikan ke Puskesmas – Puskesmas. “Penyuntikan kepada tenaga medis dilaksanakan 3 sampai dengan 5 Februari,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sekadau Rupinus menyatakan bahwa warga menaruh harapan terhadap penemuan vaksin Covid-19 ini.

“Pemerintah Indonesia menggunakan vaksin Covid-19 sebagai strategi penanganan corona,” kata Rupinus.

Ia berharap dengan vaksinasi dapat membentuk kekebalan tubuh, sehingga tidak terjangkit Covid atau terdampak parah.

“Bersyukur pemerintah cepat memberikan vaksin. Tahap pertama vaksin diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” jelas Rupinus.

Pencanangan vaksin Covid-19 diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal.

“Masyarakat perlu mendapatkan pendidikan dan penyuluhan. Meski telah mendapatkan vaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M,” paparnya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda