Lagu Ampun Bang Jago Jadi Saksi Bisu Kudeta Militer Myanmar

70

NAYPYIDAW, BERITAANDA – Jagad dunia dihebohkan dengan kemunculan video seorang wanita yang tengah asyik aerobik di tengah kesibukan kudeta militer Myanmar. Semakin menarik perhatian, terutama dari netizen Indonesia, adalah lagu yang mengiringi wanita itu senam aerobik.

Lagu Ampun Bang Jago yang viral di aplikasi TikTok gubahan Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr) dipakai oleh wanita bernama Khing Hnin Wai itu sebagi musik senam aerobiknya.

Khing Hnin Wai adalah instruktur pendidikan jasmani yang tinggal di Pyinmana, Myanmar. Ia kerap merekam aktivitasnya berolah raga, termasuk pada Senin pagi ketika kendaraan militer mulai berlomba-lomba menuju Parlemen untuk melakukan kudeta.

Seolah tidak perduli dengan kesibukan militer Myanmar, Khing Hnin Wai tetap asyik berolah raga saat kendaraan militer melaju menuju jalan parlemen Myanmar yang diblokade di belakangnya.

“Nah, musik/lagu dan latarnya pasti saling melengkapi. Sebelum saya tahu tentang berita ini di pagi hari, saya melakukan hal yang biasa saya lakukan dan merekam video untuk sebuah kompetisi. Saya kira video ini sekarang adalah kenang-kenangan kecil saya! Saat saya menari, helikopter melaju kencang, mobil melaju ke vroom-vroom. Dengan semua senjata, saya pikir seseorang sedang membidik saya dari kejauhan. Kepala polisi hanya tersenyum dan melihat saya, bahkan bertanya kepada saya jika saya akan pulang dan mengucapkan selamat tinggal. Harap jangan mengcopy dan paste video saya!” seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (2/2).

Apa yang dikatakan oleh Khing Hnin Wai mungkin benar adanya. Lagu Ampun Bang Jago yang merupakan sindiran terhadap orang yang merasa dirinya jagoan itu seolah begitu pas untuk menggambarkan apa yang terjadi di Myanmar saat ini.

Tentara Myanmar merebut kekuasaan negara itu dalam kudeta tak berdarah, menangkap Aung San Suu Kyi dan pemimpin sipil lainnya yang terpilih secara demokratis.

Militer juga memberlakukan keadaan darurat selama satu tahun, yang memicu kemarahan internasional.

Para jenderal membenarkan kudeta tersebut dengan menuduh kecurangan dalam pemilihan umum November lalu di negara itu yang membuat partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi menang telak.

Aksi militer itu terjadi hanya beberapa jam sebelum parlemen yang baru terpilih dijadwalkan bersidang.

PBB dan sejumlah pihak lainnya telah meminta militer untuk menghormati hasil pemilu, mengatakan penangkapan Suu Kyi dan para pemimpin lainnya merupakan “keprihatinan yang besar.”

Reaksi mulai berdatangan dari seluruh media sosial ketika dunia menyaksikan aksi Khing Hnin Wai berolah raga dengan latar belakang krisis demokrasi di Myanmar. Video ini mendapatkan lebih dari 40.000 suara positif di Reddit.

Khing Hnin Wai mengatakan di postingan kedua bahwa video itu untuk kompetisi, dan dia tidak melanjutkan tariannya sebagai “lelucon” atau dalam upaya untuk menjadi “selebriti.” Dia menambahkan dia tidak berpikir video itu akan menjadi viral. [sindonews.com]

Bagaimana Menurut Anda