Gugus Tugas Revisi Kategori Suspek Wajib Swab

13
Plt. Kadis Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alfius. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Menyusul adanya konfimasi positif Covid-19 beberapa petugas laboratorium Untan, beberapa kebijakan dilakukan Gugus Tugas.

“Untuk syarat pemeriksaan swab RT PCR ada beberapa kategori,” kata Henry Alfius selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, kepada BERITAANDA, Senin (2/11/2020).

Beberapa syarat yang ia maksud seperti, swab dilakukan kepada suspek yang sedang dirawat di rumah sakit (RS), riwayat kontak erat dengan kasus konfirmasi dan tnggal di wilayah transmisi lokal dalam 14 hari terakhir dengan gejala demam, batuk, pilek, anosmia, sakit tenggorokan, serta sesak nafas.

Selain itu, swab juga dapat dilakukan kepada tenaga kesehatan yang dalam 14 hari terakhir kontak erat degan pasien yang terakhir diketahui kasus konfirmasi.

“Swab tetap, namun sekarang dibuat kriteria yang tanpa gejala cukup isolasi mandiri,” tambah Henry.

Untuk kontak erat pasien terkonfimasi yang tidak menunjukkan gejala, Henry menganjurkan, dilakukan karantina mandiri. Namun, jika ada gejala akan dilakukan pengambilan swab.

“Untuk triase skrening suspek corona di Puskesmas bisa mengacu revisi ketentuan swab dilakukan pada yang menunjukan gejala,” tukas dia.

“Dengan demikian, tidak semua sekarang harus swab dan hanya dilakukan kepada yang menunjukkan gejala,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda