Gubernur Ridho Lantik Pengurus DPD AWPI Provinsi Lampung

513

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melantik langsung Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Provinsi Lampung, di Yunna Hotel Jalan Ikan Hiu nomor 1, Teluk Betung Bandar Lampung, Kamis (4/4/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung M. Rhido Ficardo mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik untuk mengemban amanah organisasi kedepannya.

Sebagaiman kita ketahui bersama, kata gubernur, dunia pers ini berkembang sangat cepat seiring kemajuan teknologi dan informasi yang disertai dengan peraturan perundangan-undangan yang memberi ruang bagi masyarakat untuk mengembangkan kemerdekaan pers dan menjamin hak memperoleh informasi yang diperlukan.

“Pers memiliki peran penting dan strategis dalam berbagai dimensi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, serta berfungsi pula sebagai penyalur aspirasi alat kontrol sosial yang efektif, sarana membangun masyarakat serta media menyampaikan informasi cerdas dan kritis yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers,” jelasnya.

“Pemerintah Provinsi Lampung mendukung sepenuhnya kinerja rekan-rekan pers. Begitu pula dengan pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) jurnalistik yang telah dilakukan AWPI beberapa waktu lalu, tentunya akan membawa kemajuan terhadap dunia jurnalistik di Provinsi Lampung, khususnya dalam membina para insan pers agar semakin bertanggung jawab sebagai jurnalis serta dapat bersifat profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalis,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung, Hengki A. Jazuli dalam sambutan mengatakan, hari ini rangkai acara selanjutnya hari pertama kami melakukan dikalat jurnalistik yang diikuti 150 peserta.  Kemudian dilakukan uji kompetensi yang langsung dari kemarin. Wakil Ketua Dewan Pers hadir selama 4 hari di ini.

“Terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah membantu kami menjalankan profesi kami untuk menjadi yang profesional. Dukungan ini akan menjadi sejarah kami, dan pembelajaran kami akan menegakkan kode etik dan undang-undang pers di Provinsi Lampung,” katanya.

Lantju dia, ia meminta kepada seluruh kabupaten yang kemarin belum mengikuti diklat untuk mengirim anggotanya berkoordinasi dengan kita.

Sedangkan Ketua DPP AWPI Pusat, Dedi Nadiyanto mengatakan bahwa, AWPI Lampung telah melakukan uji kompetensi wartawan terhadap 25 anggota AWPI dari sejumlah utusan media. Dan kedepan, AWPI Lampung akan memberikan diklat terhadap 450 orang anggotanya.

“Kemarin kita sudah uji kompetensi 25 anggota AWPI Lampung, kedepan akan ada 450 anggota yang akan kita diklat, semoga AWPI akan melahirkan jurnalis-jurnalis yang profesional,” pungkasnya.

Kegiatan pelantikan AWPI DPD Lampung ini dihadiri oleh Gubernur Lampung, Ketua AWPI Lampung, Ketua AWPI Pusat, jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, serta beberapa tokoh masyarakat Provinsi Lampung dan undangan.

Adapun pada pelantikan tersebut, AWPI juga memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang dinilai banyak berperan dalam kemajuan Provinsi Lampung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda