Gubernur Jambi Lakukan Pencanangan Angkutan Lebaran

309

JAMBI, BERITAANDA – Gubernur Jambi Fachrori Umar lakukan pencanangan angkutan lebaran, bertempat di Terminal Alam Barajo Kota Jambi, Rabu (30/5/2019).

Pencanangan ini, menurut gubernur, sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam rangka mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2019.

“Ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian, yaitu kesiapan prasarana dan sarana, keamanan dan keselamatan penumpang, serta pengamanan tarif angkutan dan koordinasi antar instansi terkait,” sebut Fachrori.

Lebih lanjut dikatakan dia, pelaksanaan angkutan lebaran ini dilaksanakan secara terpadu dan sinergis.

“Oleh karena itu, pencanangan angkutan lebaran pada pagi ini melibatkan segenap unsur, baik Pemerintah Provinsi Jambi seperti Dinas Perhubungan dan Dinas PU PR, unsur pemerintah pusat saat di daerah seperti, kepolisian, BPTD Wilayah V Jambi, dan PT Jasa Raharja. Kemudian pemerintah kabupaten/kota, sehingga organisasi non pemerintah, seperti organda serta rekan-rekan wartawan, baik dari media cetak maupun media elektronik,” lanjutnya.

Sebagai daerah perlintasan pergerakan lalu lintas dan angkutan jalan arus mudik maupun arus balik, dirinya menghimbau agar seluruh jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Jambi bersama instansi terkait  dapat bekerja keras membantu mengatur dan mengamankan pergerakan arus lalu lintas mudik maupun balik, sehingga para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lancar, nyaman, aman, tertib dan selamat sampai ke tujuan mereka masing-masing.

“Pergerakan lalu lintas dan angkutan jalan di beberapa ruas jalan di Provinsi Jambi, diprediksi akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa hari kedepan,” terangnya.

Terhadap kelancaran lalu lintas karena adanya pasar tumpah di beberapa titik jalur mudik, beberapa ruas jalan yang masih dalam proses perbaikan dan lainnya yang kemungkinan menjadi hambatan, maka dapat mempersiapkan langkah-langkah antisipatif sejak dini dengan memperkuat mekanisme kerja yang terkoordinasi. Dalam hal ini, pihaknya menghimbau agar pelayanan kepada para pemudik lebih diutamakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra dalam laporannya menyebutkan, pencanangan yang merupakan agenda tahunan ini dilakukan guna memberikan pelayanan optimal kepada pemudik lebaran.

“Tujuan dari penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu tingkat Provinsi Jambi tahun 2019 adalah agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang akan melakukan mudik, serta mendorong peningkatan mutu pelayanan jasa angkutan lebaran yang tertib, aman, selamat, dan mengurangi jumlah tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan,” pungkasnya.

Adapun unsur-unsur penyelenggaranya meliputi Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Direktorat Lalu Lintas Polda Jambi , BNN Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, PT Jasa Raharja Cabang Jambi, BPTD Wilayah V Provinsi Jambi, DPD Organda, serta Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda