Golkar Sidimpuan Bakal Gelar Musda ke-V, Siwan Siap Saingi Irsan

492

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Partai Golongan Karya (Golkar) tidak lama lagi akan menggelar musyawarah daerah (musda) di jajaran pengurus DPD, khususnya di kabupaten / kota. Demikian halnya di DPD Partai Golkar Kota Padangsidimpuan, sejurus dengan amanah partai juga bakal melaksanakan musda ke-V.

Sekretaris DPD Partai Golkar Padangsidimpuan, Siwan Siswanto membenarkan, dengan mempedomani AD / ART termasuk instruksi DPP Nomor SI-8/GOLKAR/VIII/2020, dan instruksi DPD Nomor B-632/GK-SU/VIII/2020, musda di daerah akan digelar paling lambat akhir Agustus 2020.

“Untuk susunan kepanitiaan baik penyelenggara maupun pengarah, saat ini sudah clear dibentuk lewat rapat pleno diperluas yang baru saja dilaksanakan,” jelas Siwan yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Padangsidimpuan itu, pada Selasa (25/8/2020), di kantor sekretariat DPD.

Susunan kepanitiaan tersebut terdiri dari Ketua Panitia Penyelenggara Sahat Tua Sinaga, Panitia Pengarah (SC) oleh Hannan, Ketua Panitia Pelaksana (OC) Arifin, serta seksi humas di bawah kendali Saiful Bahri Almadany.

Sesuai kesepakatan panitia musda Golkar di Sidimpuan bakal dilaksanakan selama dua hari yakni, 28 sampai 29 Agustus mendatang, bertempat di Hotel Mega Permata. Tentunya secara estafet untuk memilih Ketua DPD Golkar Padangsidimpuan periode 2020-2025, yang sebelumnya dipegang oleh kepemimpinan Irsan Efendi Nasution.

Soal siapa nantinya figur pengganti Irsan, ungkap Siwan, masih dalam pembahasan internal. “Dan pada prinsipnya dalam musda tidak ada istilah siapa yang akan diusung. Semua kader-kader terbaik Golkar bisa mencalonkan diri dan semakin banyak justru semakin baik,” imbuh dia.

Hanya saja, ditegaskan Siwan, secara mekanisme yang diatur dalam AD / ART, kader partai yang bisa ditetapkan sebagai calon harus mendapat dukungan 30 persen dari total 11 unsur pemilik suara, yang antara lain pimpinan kecamatan (PK), hasta karya / organisasi sayap, pendiri, dewan penasehat serta DPD di tingkat kota dan provinsi.

“Hasil dari musda sangat diharapkan melahirkan sosok pengurus yang mampu mempertahankan reputasi atau bahkan meningkatkan eksistensi Golkar di Sidimpuan,” tutup Siwan yang mengaku tidak menutup kemungkinan siap bersaing menjadi kompetitor di dalam musda nanti.

Di tempat dan waktu yang sama, Irsan Efendi Nasution selaku demisioner pimpinan DPD Golkar Sidimpuan, saat dimintai tanggapan apakah masuk ke bursa pencalonan, hingga saat ini belum bisa memutuskan. Dia menyebut masih akan berkonsultasi dengan kader-kader lainnya.

“Saya masih akan melalukan diskusi dengan pimpinan kecamatan untuk mendengar saran ataupun pendapat teman-teman seperti apa. Dan sepanjang respon mereka memberi ruang atau jalan, baru saya memungkinkan diri untuk mengajukan diri kembali,” pungkas Irsan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda