Eka Yanti Jadi Sekcam Perempuan Pertama Sidimpuan Tenggara

2246

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Eka Yanti Batubara masuk dalam deretan 53 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Padangsidimpuan yang dilantik oleh Walikota Irsan Efendi Nasution pada Kamis (13/8/2020) pagi, yang digelar di aula kantor walikota setempat.

Pelantikan mengacu kepada surat keputusan Walikota Sidimpuan no. 427/KPTS/2020 tentang pemberhentian, pengangkatan, dan pemindahan jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan pelaksana menyebutkan PNS golongan Penata Tk. I (III/d) itu diangkat menjadi sekretaris camat atau dikenal dengan sebutan sekcam.

Sepintas tidak ada yang istimewa dengan jabatan setara eselon III b yang akan diembannya. Namun ada sebuah fakta menarik, bahwa rentang waktu 19 tahun semenjak Padangsidimpuan mekar dari kabupaten induk (Tapsel), sosok Eka Yanti baru satu-satunya atau PNS perempuan pertama yang menjabat Sekcam di Sidimpuan Tenggara.

Dia menggantikan kedudukan pendahulunya, Amri Taufik Hasibuan, yang di waktu bersamaan pula diambil sumpah jabatan menjadi Camat Sidimpuan Tenggara, selaras isi surat keputusan Walikota Padangsidimpuan tersebut. Ke depan ini, membantu camat dalam mengkoordinasikan pelaksanan pembinaan administrasi menjadi tupoksinya.

Kata Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada saat memberi arahan kepada mereka yang dilantik, amanah dan kepercayaan yang diemban para PNS harus penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dalam pengabdian tanpa pamrih kepada seluruh masyarakat.

“Momentum pelantikan menjadi langkah dalam memulai pelaksanaan tugas dan memberikan segala yang terbaik kepada pemerintah daerah, dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing,” ungkapnya.

Eka Yanti Batubara saat ditemui BERITAANDA, Jumat (14/8/2020), mengutarakan rasa terimakasihnya kepada pimpinan karena telah diberi kepercayaan untuk menguji dedikasinya dalam menjalankan tugas ke depan. Dia pun mengaku siap bekerja sesuai tupoksi yang diemban.

“Syukur Alhamdulillah dan terimakasih atas kepercayaan ini. Tentunya tugas dan tantangan akan semakin berat ke depan, tapi sebagai abdi negara kita harus menjalankan hal itu dengan penuh rasa tanggung jawab. Menjadikan jabatan sebagai ladang ibadah dan pengabdian,” ujarnya.

Terkait torehan sejarah dia merupakan PNS perempuan pertama menjabat sekcam, Eka mengaku baru sadari hal itu. “Betul juga ya, saya juga baru menyadari itu. Intinya bagaimana kita harus mampu mempersembahkan yang terbaik mensukseskan program pemkot sajalah,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda