Dinilai Tidak Profesional, Ketua IWO dan Seluruh Anggota datangi Humas Pemkab Kerinci

359

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Diduga tidak profesional, seluruh anggota Ikatan Wartawan Online (IWO) Kerinci-Kota Sungai Penuh mempertanyakan mengenai anggaran di Humas Pemkab Kerinci, Senin (11/5/2020).

Lantaran Kabag Humas tidak hadir di kantor Pemkab Kerinci, maka Ketua IWO beserta anggota terpaksa melayangkan surat tuntutan ke bupati melalui ADC di ruang kerjanya.

Adapun tuntutan tersebut antara lain:

  1. Dalam peliputan kegiatan Pemkab Kerinci hanya dilakukan oleh wartawan dan media tertentu, sedangkan wartawan yang tergabung di DPD IWO Kerinci tidak pernah sama sekali dilibatkan dan menerima anggaran liputan.
  2. Dalam pembuatan berita berbayar minim sekali diterima oleh wartawan dan media yang tergabung di IWO.
  3. Dalam share berita Humas hampir tidak pernah menjalankan tugas, dikarenakan peliputan/rilis berita hanya diliput oleh wartawan dan media tertentu, sedangkan Humas tidak pernah membuat rilis berita sebagaimana tupoksi Humas bidang pers dan publikasi.
  4. Humas disinyalir memelihara dan lebih mengutamakan wartawan liar sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 99 Bab 3 tentang wartawan. Pasal 7 Ayat 1-2 dan kode etik jurnalistik.
  5. Anggota DPD IWO tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan peliputan dan konfrensi pers, begitu juga penerimaan dana liputan dan dana konfrensi pers yang telah dianggarkan.

Dengan adanya hal tersebut, Ketua IWO berharap bupati dapat mencari solusi agar konflik antara Humas dan wartawan dapat diselesaikan.

”Saya berharap kepada Bapak Bupati Kerinci dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di tubuh Humas dan wartawan,” ungkapnya.

”Untuk Humas Kerinci, saya harap harus transparan dalam pengelolaan anggaran,” bebernya lagi. (IWO)

Bagaimana Menurut Anda