Dianto Secara Resmi Buka Rakor Penyiapan Data LP2B se-Provinsi Jambi

221

JAMBI, BERITAANDA – Rapat koordinasi penyiapan data lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B)  digelar di Swisbel Kota Jambi Hotel, Kamis (4/4/2019). Dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Jambi HM. Dianto.

Turut mendampingi Sri Mujitono SH MH selaku Direktur Penatagunaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jambi Beni Hermawan, S.Si. M.Si, serta Kepala Bidang Penataan Pertanahan Kantor Wilayah Provinsi Jambi Istiqomah.SH.

Dikatakan HM. Dianto, tujuan penyiapan data LP2B ini untuk menghasilkan areal potensi LP2B. Selanjutnya data ini dapat dijadikan bahan pengambil kebijakan dalam hal melengkapi spasial kawasan P2B/LP2B dalam RTRW kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

“Apresiasi kepada BPN Jambi sebagai lembaga yang telah menghiasi penyelenggarakan ini selanjutnya juga ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyiapan data LP2B Provinsi Jambi dan kabupaten/kota,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Beni Hermawan selaku Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi, data harus divalidasi sebelum melaksanakan kegiatan inventarisasi dan identifikasi.

“Ketersediaan data LP2B di Provinsi Jambi tidak lepas dari keseriusan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten, dengan sinergitas penuh para pemangku kepentingan LP2B terhadap kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan,” ujarnya.

Lanjutnya, antara data dengan apa yang terjadi di lapangan harus selaras. “Statistik harus divalidasi, data apa yang ada harus sesuai dengan di lapangan. Sektor manapun data menjadi sebuah krusial,” ungkapnya.

“Setelah beberapa bulan kedepan, kita bicarakan lagi atas hasil yang diperoleh. Lahan basah dan kering kita turunkan regulasi dari kementerian,” pungkas dia. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda