Dewan Hakim MTQ Diminta Jaga Netralitas

202

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya membuka  acara pembekalan dewan hakim dan pengawas, dalam rangka kegiatan MTQ XVI tingkat Kabupaten Sergai, bertempat di aula Tengku Rizal Nurdin komplek kantor bupati setempat, Rabu (19/6/2020).

Wabup mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ XVI Kabupaten Sergai tahun 2020 merupakan suatu upaya bersama untuk membina, meningkatkan, dan mendorong masyarakat dalam mempelajari serta mendalami isi kandungan Alquran, serta sebagai evaluasi kemampuan para qori dan qori’ah di tingkat Kabupaten Sergai.

“Harapan kami agar para majelis hakim yang akan melaksanakan tugas pada tanggal 21 sampai dengan 26 Februari 2020, kiranya dapat melaksanakan tugas dan wewenang perhakiman dengan baik. Ketua dewan hakim dapat menetapkan pembagian kerja para majelis hakim dalam bidang penilaian dan tugas-tugas lain,” jelas dia.

“Seluruh anggota majelis hakim dan dewan hakim dalam menjalankan tugas diharapkan supaya dapat melakukan koordinasi dengan baik. Melalui pembekalan ini, para hakim dapat menyatukan persepsi dalam memberikan penilaian kepada qori dan qori’ah,” tambah dia.

Disamping itu, lanjut dia, dewan hakim harus memiliki beberapa prinsip dalam menjalankan tugasnya, yaitu jujur, amanah, adil, obyektif dan bertanggung jawab. Selain itu, wajib memiliki ilmu yang memadai tentang obyek yang dinilai serta memiliki ketelitian dan kecermatan.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan MTQ XVI Kabupaten Sergai tahun 2020.

“Saya yakin dan percaya bahwa putra dan putri Sergai yang nantinya meraih juara dapat mewakili nama kabupaten dalam ajang MTQ tingkat provinsi tahun 2020 di Tebing Tinggi,” pungkas wabup.

Sementara Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenang) H. Zulkifli Sitorus, S.Ag MA secara khusus meminta agar tidak terjadi peserta ganda, dimana ada peserta yang sudah meraih juara di tempat lain kemudian diikutkan kembali dalam kompetisi.

“Para pemenang MTQ ini akan dikirim untuk bersaing ke tingkat provinsi sebagai duta Sergai, untuk itu agar para dewan hakim lakukanlah penjurian secara objektif,” tegas dia.

Ia meminta agar para dewan hakim benar-benar menjaga netralitas dan menghindari keberpihakan dalam melakukan penilaian.

“Mari kita ciptakan MTQ yang baik di mata masyarakat. Saya berharap kita semua mencurahkan kemampuan dalam melakukan penjurian. Ingat, para dewan hakim merupakan orang-orang pilihan yang diberi amanah. Jalankan amanah tersebut secara bertanggung jawab,” terang dia.

Acara tersebut juga dihadiri Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Kabag Kesra Arianto, S.Pd, M.Si, Ketua Dewan Hakim MTQ H. Masjuki S.PdI, Sekretaris Dewan Hakim Sulaiman S.Pd, serta para Majelis Hakim MTQ ke-XVI Kabupaten Sergai. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda