Desa Sibangkua Tapsel Songsong Desa Bersinar

704

TAPSEL-SUMUT BERITAANDA – Sertifikat dari Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Sumatera Utara, tandai Desa Sibangkua Kecamatan Angkola Barat untuk menyongsong jadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, AKBP Siti Aminah Siregar, didampingi Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Ayni Suhada menyebut, saat ini baru satu desa yang memenuhi kriteria sebagai Desa Bersinar di Tapsel.

“Desa Bersinar ini dilakukan di beberapa lokasi yang memikili tingkat kerawanan narkoba. Selain program Desa Bersinar, daerah itu juga akan dibuat program pemberdayaan alternatif dan rehabilitasi berbasis masyarakat,” kata Siti kepada wartawan baru-baru ini.

Disebutkannya, ada beberapa indikator penetapan Desa Bersinar, yaitu terdapat peraturan desa (perdes) tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta rencana aksinya berkesinambungan lewat relawan anti narkoba desa yang dibentuk.

“Ditetapkannya Desa Sibangkua sebagai Desa Bersinar bukan karena desa ini rawan narkoba, namun lebih kepada pengertian bahwa Desa Sibangkua bisa menjadi kampung percontohan bersih dan terbebas dari narkoba,“ sebut AKBP Siti Aminah.

Kemudian secara responsif, BNNK Tapsel terus membina dan memonitoring desa yang telah ditetapkan menjadi Desa Bersinar, dengan catatan statusnya sebagai Desa Bersinar akan dicabut bilamana ditemui kasus penyalahguna narkoba di desa itu meningkat.

“Pemdes beserta relawan anti narkoba desa diharapkan proaktif melakukan sosialisasi anti narkoba secara mandiri. Mencari tahu siapa-siapa warga desa yang terlibat penyalahgunaan narkoba, khususnya pengguna, untuk nantinya diobati melalui rehabilitasi,” tandas AKBP Siti Aminah.

Di sisi lain, Kepala Desa Sibangkua Muhammad Iman Hutasuhut mengaku, pihaknya sangat siap mendukung dan bekerjasama dalam melaksanakan setiap program yang dibuat oleh BNNK Tapsel, terkait upaya menciptakan desa bersih narkoba. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda