Demplot Binaan Distributor Pupuk Sekadau Panen Perdana

62
Panen perdana demplot padi sawah Poktan Harapan Jaya Desa Timpuk oleh Wakil Bupati Subandrio. (Dokumentasi)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Tidak semata memikirkan bisnis, Pupuk Indonesia (PI) melalui distributor pupuk subsidi di daerah juga memberikan pembinaan kepada petani. Hal ini dilakukan oleh CV. Rangga Persada Kabupaten Sekadau yang membuat demplot pertanian padi sawah kepada Kelompok Tani Harapan Jaya Desa Timpuk.

Bahkan beberapa hari lalu, demplot yang disiapkan telah melaksanakan panen perdana padi sawah yang dihadiri Wakil Bupati Subandrio, Kadis DKP3 Sandae dan Rita selaku Direktur CV. Rangga Persada serta Shio Suranaga dari SPDP PT. Petrokimia Gersik, anak perusahaan Pupuk Indonesia, serta stakeholder terkait.

Program demplot ini, dikatakan Rita, merupakan program dari Pupuk Indonesia (PI) dengan minimalĀ  1 tahun dua kali demplot yang dilaksanakan distributor pupuk subsidi kepada petani.

“Ini demplot yang pertama di tahun 2021 kami selaku distributor, kedepan akan kita adakan lagi, mengenai lokasi dan kelompok taninya nanti akan kita koordinasikan kepada PPL, khususnya di wilayah kerja kami,” papar Rita.

Diakui Rita, meski demplot binaan mereka di Desa Timpuk ini dengan luasan 500 meter persegi. Namun, jika dikalkulasikan nilai rata – rata hasil panen berkisar 5,4 ton per hektare di atas rata-rata hasil panen petani yang hanya mecapai 3,8 ton per hektare.

Selaku distributor penyalur pupuk subsidi, CV. Rangga Persada memberikan pembinaan berupa bantuan pupuk jenis NPK ponska plus sebanyak 150 Kg. Penyaluran pupuk kepada petani demplot dilaksanakan CV. Rangga Persada pada 14 April sebelum realisasi tanam pada 25 April 2021.

“Kita juga memberikan edukasi kepada petani mana pupuk yang benar-benar berkualitas untuk yang non subsidi meski harga bisa dikatakan sedikit mahal, namun hasilnya benar-benar nampak,” tambah Rita.

Sementara itu, Shio Suranaga, SPDP PT. Petrokimia Gersik untuk Kalimantan Barat menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan juga untuk memperkenalkan produk pupuk non subsidi kepada petani dan bisa jadi solusi bagi petani.

“Dari 3 distributor PI di Sekadau, baru CV. Rangga yang mengadakan demplot, kita apresiasi atas keseriusan mereka,” kata Shio.

Tujuan lainnya, dipaparkan Shio, adalah penyelarasan program Pupuk Indonesia dengan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan hasil panen. Harapan kami bukan hanya distributor saja yang melakukan program demplot, namun kios / pengecer binaan masing- masing distributor yang ada juga kita minta agar segera melaksanakan program demplot.

“Utamanya, progam ini sebagai edukasi ke petani agar tidak terpaku kepada pupuk subsidi semata dikarenakan saat ini pupuk subsidi selain terbatas dan regulasi pembelian juga semakin detail,” aku Shio.

CV. Rangga Persada merupakan salah satu distributor pupuk subsidi di Kabupaten Sekadau yang memiliki kios – kios pengecer di kecamatan dan desa.

Tak hanya menyediakan pupuk subsidi, distributor ini juga menyediakan pupuk non subsidi produk dari Pupuk Indonesia, serta kebutuhan pertanian lainya untuk menunjang petani dalam mencapai swasembada. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda