Curah Hujan Sedikit Rendah, Ini yang Dilakukan Forkopimca Cengal

166

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Di akhir bulan Juli dan awal Agustus 2023 ini, curah hujan di Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sedikit rendah. Maka dari itu, Forkopimca Cengal melaksanakan giat mitigasi pencegahan dan pengendalian karhutbunla di wilayahnya yang rawan terjadi hotspot atau firespot.

“Untuk sepekan kedepan di bulan Agustus 2023, kita lakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai,” kata Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH kepada BERITAAANDA saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (3/8/2023).

Langkah-langkah yang dilakukan tim terpadu diantaranya, jadwal patroli dengan para stakeholder Kecamatan Cengal yang terdiri dari Tripika (Camat/Polsek/Koramil), Manggala Agni, Pemerintah Desa se-Kecamatan Cengal, Tim RPK Perusahaan di wilayah Cengal melalui WAG Siaga Karhutbunla Cengal yang telah dibentuk sejak 15 Maret 2023.

“Telah dipetakan ada 4 zona rawan yang mesti selalu dilakukan patroli,” jelas dia.

Zona 1 yaitu Desa Talang Rimba, Pelimbangan, Ulak Kedondong. Zona ini yang memimpin patroli antara lain Kapolsek Cengal, 2 personel Polsek, 1 personel TNI, MPA Desa Talang Rimba, serta Tim RPK PT Samora.

“Dilakukan dengan mengendarai sepeda motor, dilanjutkan patroli menggunakan klotok dan pemantauan dari menara api, serta imbauan kamtibmas kepada masyarakat perkebunan dan pencari ikan,” tambah dia.

Zona 2 yaitu Desa Sungai Ketupak, Ulak Kedondong, Sungai Jeruju, Kuala Sei Pasir. Dilaksanakan dengan 3 personel Polsek Cengal, 1 personel TNI, 10 personel BKO TNI Zipur, dan Tim RPK BMH menggunakan sepeda motor, dilanjutkan dengan klotok serta pemantauan menara api.

Zona 3 yaitu Desa Sungai Pasir, Parit Raya dan Somor Somor. Dilaksanakan dengan 1 personel Polsek Cengal, 1 personel TNI Koramil, 2 personel BKO Polda, MPA Desa Sungai Pasir, Tim RPK PT Limau Kasturi Sawit Selatan Sampoerna Agro Group, PT Puncak Terang dan PT RPP dengan patroli sepeda motor, mobil serta klotok, serta menggunakan pantauan drone dan menara pantau.

Zona 4 yaitu Desa Cengal dan sekitarnya. Terdiri dari 1 Pers Polsek Cengal, 1 TNI, MPA Desa Cengal, dan Tim RPK PT Lonsum dan PT SAP menggunakan motor dan menara pantau.

Hasil yang ditemukan antara lain kebakaran di pinggir jalan Desa Pelimbangan yang belum sempat meluas. Api dapat dikendalikan dan dipadamkan oleh tim terpadu dari Zona 2.

Kemudian terpantau adanya asap putih di Desa Talang Rimba wilayah Sungai Rumbai dari jarak sekitar 10 Km dari tim patroli Zona 1. Namun perahu/klotok tidak dapat menjangkau lokasi, karena air surut dan jalan putus. Akan tetapi terus dipantau dari menara api sampai malam ini.

Sementara untuk zona lain masih terpantau nihil hotspot maupun firespot.

“Kemudian kita melakukan pemantauan dengan berkoordinasi sama Tim RPK PT Samora dan PT SAP terkait adanya asap di Desa Talang Rimba. Dan melanjutkan patroli terpadu kembali dengan bergantian personel serta meningkatkan kegiatan sosialisasi dan imbauan yang direncanakan oleh Tripika Cengal dengan menggelar Sholat Istisqo (meminta hujan), jika dalam sepekan ini tidak ada hujan di wilayah Cengal,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda