Cuaca Menantang, Prajurit Menbanpur 3 Mar Tetap Laksanakan Renang Laut

236

SORONG-PAPUA BARAT, BERITAANDA – Renang merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap prajurit Korps Marinir TNI AL, khususnya Prajurit Menbanpur 3 Mar.

Oleh sebab itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan menambah daya tahan prajurit, khususnya renang, Komandan Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir Letkol Marinir Darwin Tambunan beserta Perwira Pelaksanaan Latihan (Palaklat) Mayor Mar Samsul Arif, memimpin prajuritnya melaksanakan renang laut dalam rangka latihan TW. I tahun 2020 di Katapop Pantai, Katinim, Salawati Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (19/2/2020).

Kegiatan diawali dengan senam peregangan ala Marinir sebelum berenang, yaitu senam malaikat selama 10 menit. Dilanjutkan dengan water trappen selama 5 menit. Kemudian para prajurit dibagi menjadi empat gelombang, yaitu gelombang pertama dikhususkan untuk prajurit termuda dan gelombang selanjutnya berturut-turut untuk para senior dengan jarak 1 Km.

Danmenbanpur 3 Mar dalam arahannya mengatakan, renang laut tersebut merupakan salah satu dari lima kemampuan dasar Prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat. Renang laut juga merupakan materi latihan perorangan dasar (LPD) yang bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan renang serta daya tahan di air, khususnya menghadapi kondisi laut yang sedang tidak baik/menantang.

“Kemampuan renang laut harus selalu diasah dan melekat pada diri setiap prajurit Manggala Bhakti Yudha, slogan Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir yang menjadi bagian dari prajurit Korps Marinir TNI AL,” tegas dia.

Mengakhiri arahannya, orang nomor satu di jajaran Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir itu mengharapkan, melalui kegiatan latihan renang laut TW.I tahun 2020 dapat terjalin kekompakan dan kebersamaan antara para atasan dengan para prajurit, serta tercipta semangat patang menyerah dan kegembiraan di daerah latihan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda