Cuaca Buruk, Jaringan Listrik di Kepulauan Nias Terganggu Akibat Pohon Tumbang

57

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemadaman listrik pada hari Senin [22/3] sekitar pukul 21.00 WIB lalu disebabkan karena cuaca ekstrim yang mengakibatkan banyak jaringan rusak ditimpa pohon tumbang yang terjadi hampir diseluruh wilayah Pulau Nias.

“Berkat kesigapan para petugas kita, sebagian jaringan yang rusak dikarenakan cuaca buruk kemarin telah berhasil dipulihkan sekitar pukul 24.00 WIB. Dan sampai saat ini para petugas terus melakukan pebaikan jaringan yang rusak, disebabkan angin kencang di Soliga Nias Barat, Genasi, Gomo Nias dan beberapa tempat lainnya yang terdampak angin kencang kemarin malam,” kata Manager PLN UP3 Nias Darwin Simanjuntak di kantornya, Selasa (23/3) malam.

Jelasnya, akibat gangguan jaringan yang rusak ditimpa pohon tumbang akibat angin kencang menyebabkan pembangkit listrik yang ada di Kepulauan Nias juga mengalami gangguan.

“Akibat gangguan jaringan, pembangkit listrik kita juga mengalami gangguan salah satu contoh pembangkit kita di PLTG 1×25 Batam tidak bisa bekerja maksimal menampung beban, karena turbinnya bermasalah. Begitu juga pembangkit kita di PLTG 5×5 Nias juga mengalami gangguan, dan petugas kami terus melakukan, mudah-mudahan malam ini atau besok bisa clear,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Darwin berharap kepada masyarakat untuk merelakan pohon-pohon yang ada disekitaran jaringan listrik untuk dipotong, guna mencegah terjadinya gangguan jaringan listrik di Kepulauan Nias.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk bisa merelakan pohon yang ada didekat jaringan dipotong untuk mencegah jaringan tidak terganggu bila ada angin kencang seperti kemarin. Saat ini disituasi covid, anak-anak kita butuh listrik untuk belajar, begitu juga tower Telkomsel dan semua butuh listrik. Listrik aman kalau kita saling berkolaborasi atau saling mendukung antara masyarakat, pemerintah dan PLN. Pastinya listrik di Kepulauan Nias ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda