Charoen Pokphand Gelar Pelatihan Bakti Pada Guru di Padangsidimpuan

504

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemkot Padangsidimpuan bersama Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) menggelar pelatihan Bakti Pada Guru Pendidikan Penguatan Karakter Guru ‘IDEAL’ dengan narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, persisnya tanggal 18 hingga 19 September 2019 ini, diikuti sejumlah guru SD dan SMP sederajat se-Kota Padangsidimpuan, bertempat di Balai STAITA, Jalan Mawar, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Tampak hadir mengikuti rangkaian acara Pj. Sekda Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, Kadisdik M. Lutfhi Siregar, Plt. Kaban Baperlitbang M. Jusar Nasution, Kadis Pertanian Parhimpunan Siregar, Wakil Regional Head Sumbagut CPFI Bethman Siagian, Sekjend CPFI Andi Magdalena Siadari, Sekretaris Akademik Fakultas Psikologi Undip Imam Setiawan, berikut 7 orang mahasiswa magang di CPFI.

Dikatakan Letnan, program ini diharapkan menjadikan para guru IDEAL (Inspiratif, Dedikatif, Empatik, berAkhlak mulia, dan Luhur budi). Dan, dengan hadirnya para pakar pendidikan, akan menciptakan guru IDEAL, sehingga menghasilkan anak didik yang berbudi luhur.

“Kita mengalami proses perubahan yang luar biasa yaitu revolusi 4.0 yang menjadi cikal bakal masa depan. Saya yakin para guru akan menyesuaikan diri terhadap perkembangan ini. Namun, seberapa hebat pun teknologi, pendidikan penguatan karakter yang paling utama,” sebut sekda.

Dia menambahkan, semoga tujuan dari program Bakti Pada Guru ini dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia secara umum, dan khususnya di Kota Padangsidimpuan. Menurut Letnan, pendidikan adalah kunci dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tak lupa, ia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak CPFI telah memilih Kota Padangsidimpuan sebagai salah satu daerah tujuan pelaksanaan pelatihan, sekaligus meminta para guru agar sungguh-sungguh menyimak setiap materi yang dipaparkan oleh para narasumber.

Sebelumnya, Wakil Regional Head Region Sumbagut PT Charoen Pokphand Bethman Siagian didampingi Sekjend CPFI Andi Magdalena Siadari mengatakan, progam Bakti Pada Guru ini diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas dan mampu mengelola manajemen kelas. Pembinaan oleh guru akan menjadi teladan utama pembentukan karakter generasi muda dalam usia mencari jati dirinya.

Dengan penguatan pendidikan karakter, kata dia, generasi muda akan bisa memiliki jiwa kejuangan dan nilai-nilai identitas nasional yang kokoh dan terpatri sepanjang hayat dalam rangka menyongsong Generasi Emas Indonesia tahun 2045.

CPFI merupakan lembaga sosial yang mewadahi perusahaan kami dalam mendistribusikan program CSR. Keseluruhan program CSR PT Charoen Pokphand meski persentase usahanya bidang peternakan, namun 80 persen CSR kami di bidang pendidikan.

“Kami berkomitmen dengan dedikasi memajukan dunia pendidikan berkarakter dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi akan menjadi lebih baik,” tegas Bethman.

Sekretaris Akademik Fakultas Psikologi UNDIP Imam Setiawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Charoen Pokphand yang sudah memberikan kepercayaan pada Fakultas Psikologi Undip dalam mengembangkan pelatihan Bakti Pada Guru.

“Kerjasama ini sejalan dengan visi Fakultas Psikologi Undip dalam mengembangkan pendidikan psikologi keluarga. Karena pendidikan berkarakter merupakan kunci peradaban di masa yang akan datang,” imbuhnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda