Bupati Tapsel Lepas Kafilah MTQN ke Tebing Tinggi

101

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu minta seluruh kafilah yang menjadi utusan mengikuti Musabawah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Utara, supaya menjaga nama baik daerahnya.

“Pada waktunya nanti di sana (lokasi MTQN), ananda sekalian harus benar-benar menjaga nama baik daerah kita,” pesan Syahrul ketika melepas 42 kafilah MTQN, bertempat di aula Sarasi II, lantai III, kantor bupati setempat.

Bagi bupati, semua kafilah yang akan dilepas mengikuti MTQ tingkat provinsi ini merupakan hasil seleksi MTQN tingkat Kabupaten Tapsel yang dilaksanakan pada bulan Maret yang lalu. “Tentu anak-anakku agar terus berlatih, apapun nanti hasilnya kalian harus bersyukur. Jadikan ini sebagai pembelajaran dan ibadah kepada kita semua agar lebih mencintai Alquran,” kata bupati dua periode berturut-turut itu.

Syahrul mengatakan, hal paling penting adalah bagaimana para kafilah ini dapat menerapkan kandungan yang termaktub di dalam Alquran. Sehingga bisa menjadi anak yang cerdas dan menerapkan ilmunya di tengah masyarakat.

Dia pun berpesan, selain menjaga nama baik daerah, para kafilah haruslah mentaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak (physical distancing), dan sering cuci tangan dengan air mengalir atau pakai hand sanitizer. “Karena wabah Covid-19 ini benar-benar serius adanya, sehingga jangan mempunyai perasaan sepele dengan wabah ini. Maka dari itu jaga diri kalian dan jaga kesehatan,” pesan Syahrul.

“Mari sama-sama berdoa pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sebab, dampak dan akibatnya benar-benar dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi, kesehatan, sosial keagamaan, serta sosial kemasyarakatan,” katanya mengakhiri.

Ahmad Buchori selaku pimpinan kafilah dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan MTQN ke-37 tersebut sesuai dengan surat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sumut No. 360/LPTQ-SU/VI/2020 tanggal 20 Juni 2020 perihal Pelaksanaan MTQN ke-37.

Ahmad yang juga Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tapsel itu menambahkan, sesuai surat Gubernur Sumut Nomor 451/5067 Tanggal 2 Juni 2020, tanggal pelaksanaan MTQN dimulai dari tanggal 5 sampai 11 September 2020.

“Adapun kafilah yang akan diberangkatkan ke Kota Tebing Tinggi sebanyak 42 orang. Terdiri dari 8 orang pelatih, 6 orang official, 2 orang supir bus dan 2 orang tenaga medis,” jelasnya.

Sebelum diberangkatkan, kafilah terlebih dulu dirapid test oleh Dinas Kesehatan Tapsel. “Ini merupakan salah satu syarat yang ditetapkan LPTQ. Selain itu, rombongan kafilah kita bekali APD berupa face shield dan masker bantuan dari BPBD Tapsel,” pungkas Ahmad. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda