Bekraf Gelar Kegiatan Sosialisasi HKI di Jambi

229

JAMBI, BERITAANDA – Bertempat di Hotel Aston Kota Jambi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar kegiatan sosialisasi hak kekayaan intelektual (HKI). Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Aidil Hendra, Jumat (22/3/2019).

Turut mendampingi Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Ari Juliano Gema, serta Kadis Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah.

Dikatakan oleh Sutan Aidil Hendra, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar pemangku kepentingan dari kalangan pengusaha dapat mengetahui dan memahami arti penting hak kekayaan intelektual.

“HKI ini merupakan curang dari usaha yang akan dibentuk dan akan dipasarkan ke masyarakat luas dengan melalui suatu produk hasil dari industri rumah tangga,” jelasnya.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi mensosialisasikan pentingnya menghargai serta melindungi karya cipta intelektual.

Ditambahkan oleh Ari Juliano Gema, bagi pemerintah pusat, melalui Bekraf yang sudah dibentuk di tahun 2015 yang lalu bertujuan untuk masyarakat Indonesia dapat memasarkan hasil industri rumah tangga mereka.

“HKI merupakan kekayaan atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir seperti teknologi, pengetahuan, seni, sastra, gubahan lagu, karya tulis, karikatur, dan lain-lain yang berguna untuk manusia. Maka dari itu, pemahaman mengenai HKI, termasuk hak cipta dan hak terkait sangat diperlukan bagi para pelaku ekonomi kreatif,” jelas dia.

Tujuan utama sosialisasi ini berupa memberikan pemahaman secara terperinci mengenai HKI. Selain itu, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para pelaku ekonomi kreatif, terutama pengusaha UMKM.

“Sosialisasi ini juga merupakan langkah kongkrit sekaligus perwujudan dari aspirasi Bekraf untuk melaksanakan pembinaan dan memberikan dukungan kepada semua pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif,” terang dia.

Pada kegiatan ini, Bekraf mengundang Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Perdagangan, Kasubdit Permohonan dan Publikasi Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri, dan pelaku ekonomi kreatif. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait HKI di bidang UMKM di Indonesia. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda