Baru Setahun Terapkan Srikandi, Muba Peringkat 7 se-Indonesia

74

MUSI BANYUASIN, BERITAANDA – Tepat di hari jadi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke-67, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan Citra Daerah Kabupaten Muba pada rangkaian ramah tamah HUT Muba ke-67, bertempat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (28/9/2023)

Citra Daerah Kabupaten Muba yang berjumlah 204 halaman diserahkan Plt. Kepala ANRI Drs. Imam Gunarto M.Hum kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru, kemudian diserahkan kepada Pj. Bupati Muba Drs. H. Apriadi Mahmud M.Si dan Ketua DPRD Muba H. Sugondo SH, disaksikan para Forkopimda dan kepala perangkat daerah.

Plt. Kepala ANRI mengatakan, sebagai kado kecil telah disusun Citra Kabupaten Muba dalam Arsip yang akan diserahkan tepat pada HUT ke-67 Kabupaten Musi Banyuasin, sebagai penerima ke-2 Citra Daerah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, Citra Daerah kabupaten/kota ke-48 di Indonesia.

“Citra Daerah yang disusun menggambarkan Kabupaten Muba dari masa ke masa ini terdiri dari 184 arsip khazanah ANRI dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba. Dengan arsip tertua tahun 1889 dan yang termuda tahun 2023. Diantara arsip tersebut terdapat antara lain peta konsesi Palembang Maatschappij 1889, arsip berbagai kesenian yang ditampilkan pada Malam Seleksi Tari dan Lagu Daerah Kabupaten Muba koleksi Dr. Zainal Ansori serta foto pasukan KNIL berkuda yang melaksanakan patroli di Muba,” beber Imam.

Imam juga menjelaskan, pembuatan Citra Daerah Kabupaten Muba ini diharapkan tidak hanya dapat memperluas wawasan masyarakat terhadap khazanah arsip mengenai Kabupaten Muba, baik yang ada di ANRI maupun di LKD Muba. Namun juga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari arsip yang dipergunakan sebagai sumber penelitian.

“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada Pj. Bupati beserta jajarannya yang telah berhasil berkomitmen melaksanakan Gerakan Tertib Arsip dan mengimplementasikan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (Srikandi) tidak saja bagi perangkat daerah, namun juga bagi Puskesmas hingga ke pedesaan. Saat ini Kabupaten Muba meraih peringkat ke 7 dari 406 pengguna live Srikandi di Indonesia, dan peringkat 1 untuk Pulau Sumatera,” ucapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Muba menyampaikan, salah satu hal yang membanggakan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Muba ke-67 tahun 2023 ini adalah diserahkannya Citra Daerah Kabupaten Muba oleh ANRI. Sebuah kehormatan bagi Pemkab Muba menerima Citra Daerah yang berisikan rekaman informasi tentang Kabupaten Muba dalam wujud tekstual baik catatan tertulis sejarah, peta maupun foto-foto bersejarah Muba tempo dulu.

“Melalui gerakan nasional sadar dan tertib arsip yang telah dicanangkan Pemkab Muba pada tanggal 11 April 2019 yang lalu, Pemkab Muba terus berkomitmen menumbuhkan kesadaran akan pentingnya arsip sejak dini. Pemkab Muba berkomitmen dan konsisten dalam penerapan aplikasi Srikandi diseluruh perangkat daerah, Puskesmas dan sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Muba,” ujar Apriyadi.

Pj. Bupati Apriyadi juga menyebutkan, Pemkab Muba telah melaksanakan kick off aplikasi Srikandi dan gerakan tertib arsip desa di Kecamatan Bayung Lencir pada tanggal 18 Juli 2023 yang lalu. Pemkab Muba juga telah memberikan penghargaan kepada perangkat daerah yang telah berinovasi menggunakan aplikasi Srikandi.

“Alhamdulillah kita bersyukur atas pencapaian Muba di peringkat ketujuh se-Indonesia dalam penerapan aplikasi Srikandi dalam pemerintahan, baru satu tahun tapi kami bisa membuktikan, ini semua berkat komitmen semua jajaran di Pemkab Muba,” jelasnya. (Sansida)

Bagaimana Menurut Anda