Bantu Umat di Masa Pandemi, MTR Siapkan Fasilitas Air Minum Gratis

43

JAKARTA, BERITAANDA – Setelah membangun fasilitas air minum gratis untuk masyarakat di wilayah Rawamangun Jakarta Timur, Masyarakat Tanpa Riba (MTR) Jakarta berkolaborasi dengan DKM Masjid Al Huda Kemayoran kembali membangun fasilitas air minum gratis untuk masyarakat.

Fasilitas air minum saat ini sudah beroperasi, dan masyarakat sangat antusias dengan adanya program tersebut.

“Sangat membantu sekali pak. Biasanya kami beli air isi ulang 1 galon seharga Rp7.000, isi disini hanya infaq seikhlasnya,” ujar Novizal, salah satu warga yang sedang ambil air di Masjid Al Huda Kemayoran.

“Air, semestinya tidak untuk dikomersilkan. Aksi kami untuk sedekah umat agar air bisa bermanfaat untuk masyarakat. Ini fasilitas isi ulang air minum di lokasi yang kedua setelah sebelumnya di wilayah Jakarta Timur,” kata penggiat MTR Jakarta Haerul Ihwan dalam siaran pers, Selasa (22/9/2020).

Dia mengatakan fasilitas air minum itu rencananya akan dibangun di setiap kelurahan atau masjid. Dalam waktu dekat, MTR akan membangun fasilitas air minum gratis di Cipete, Bekasi dan Ciawi.

Menurut dia, masyarakat di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak hanya membutuhkan bantuan makanan, tetapi juga air minum.

Haerul mengatakan, fasilitas isi ulang air minum bisa menghasilkan hingga ribuan galon air. Air yang disedekahkan juga sudah lulus uji laboratorium Sucofindo dan Dinas Kesehatan. “Sumber air dari tanah, kualitas sangat bagus dan layak minum,” kata dia.

Dia berharap pembangunan fasilitas isi ulang air minum dari komunitas MTR ini bisa mengurangi pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan air minum.

Fakhrudin, Sekretaris DKM Masjid Al Huda Kemayoran merasa senang dan bangga masjidnya saat ini memiliki fasilitas air minum gratis untuk umat.

“Para pengurus DKM silahkan berkunjung ke masjid kami untuk studi banding, ayo lengkapi masjid kita dengan fasilitas air minum gratis. Masjid hadir memberi manfaat ekonomi untuk umat,” ujar Fakhrudin.

Sebelumnya, Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengapresiasi pembangunan fasilitas isi ulang air minum komunitas MTR yang dibangun di wilayah Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020). Pembangunan fasilitas isi ulang air minum oleh komunitas MTR dapat menjadi contoh bagi pihak lain.

“Ini sangat bagus, kegiatan mulia ini bisa menjadi contoh,” ujarnya.

Masyarakat Tanpa Riba (MTR) adalah komunitas yang memiliki misi mengedukasi warga agar mampu menghentikan kebiasaan buruk berutang dan bersama-sama menggerakan sektor real sebagai bentuk bela negara. Untuk mengetahui kegiatan MTR, bisa dilihat di facebook atau Youtube masyarakattanpariba.

Puluhan ribu anggota MTR yang tersebar di seluruh nusantara, terbukti berhasil keluar dari jeratan utang riba yang biasanya menjadi sumber modal usaha. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda