Bangun SDM Berjiwa Kritis dan Sosial Kontrol, DPD PGK Kabupaten OKI Adakan Ngopi Jilid 11

454

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan ngopi jilid 11, dengan tujuan membangun sumber daya manusia (SDM) yang berjiwa kritis dan sosial kontrol.

Dengan tema ‘gerakan sosial kepemudaan dalam membangun SDM yang berjiwa kritis’, acara tersebut dilaksanakan di Kafe Steak 23 Kayuagung, Sabtu (25/1/2020), dengan dihadiri oleh sejumlah peserta dari organisasi, pengurus PGK, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), PMII, termasuk mahasiswa Uniski Kayuagung dan sejumlah aktivis OKP dan lainnya.

Salah satu pembicara yang hadir, Haris Padilah SHI mengatakan, negara memiliki kepentingan yang besar kepada pemuda, dalam rangka melanjutkan kepemimpinan di setiap tingkatan, sehingga negara memberikan ruang, panggung dan kesempatan kepada pemuda untuk berkompetisi. Yakni beradu gagasan dan ide untuk menduduki tempat yang strategis di semua jabatan publik.

Lanjutnya, oleh karena itu tinggal apakah pemuda, mahaiswa mampu menangkap peluang ini dengan maksimal atau sebaliknya. Pemuda dalam membangun SDM tidak bisa dengan sendiri bisa terbentu untuk digunakan.

“Pemuda itu membutuhkan instrumen sebagai pencetak pemuda yang handal dan profesional, seperti kampus ataun perguruan tinggi dan juga organisasi kepemudaan serta organisasi mahasiswa,” terang Haris.

Masih kata dia, instrumen pencetak pemuda handal ini seperti organisasi kepemudaan dan organisasi mahasiswa, baik internal dan eksternal yang bisa mencetak atau memproses kemampuan, terutama kepemimpinan yang menjadi harapan berbangsa dan bernegara.

Dalam giat itu hadir juga senior aktivis PMII M Aknan MPdI, Kasat Intelkam Polres OKI AKP Sigit Agung Susilo SH SIK MH, Ketua DPD PGK OKI Muhrom S.Sos sekaligus sebagai moderator. Kemudian sejumlah peserta yang hadir, terutama para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda