Awal Tahun, Desa Wisata Tani Panteng Kleset Dikunjungi Ratusan Wisatawan

600

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Panteng Kleset adalah objek wisata tani yang dimiliki oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Pada akhir dan awal tahun 2020 ini saja, Panteng Kleset sangat ramai dikunjungi oleh ratusan wisatawan.

Disamping wisatawan bisa menikmati destinasi tani persawahan, di lokasi tersebut terdapat juga aneka permainan anak seperti rumah balon. Sementara bagi para orang tua serta remaja bisa mengendarai sepeda motor roda 4 (ATP) untuk mengelilingi lokasi persawahan sejauh 1,5 KM. Untuk lokasi lainnya, ada pula jembatan pelangi.

Untuk bisa datang ke lokasi tersebut, pengunjung tidak dipungut bayaran, hanya membayar parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3.000 dan roda empat Rp10.000. Serta tersedia pondok untuk berteduh dan dapat mencicipi makanan tradisional di sekitar lokasi wisata.

Mhd Safrizal selaku Inkubator Desa Melati II mengatakan, melalui sentuhan kreatifitas serta program PIID-PEL Kementerian Desa (Kemende) Republik Indonesia, Pemdes Melati II telah menciptakan destinasi wisata tani.

Supardi selaku Kepala Desa Melati II juga menyebutkan wisatawan banyak yang berasal dari Nias, Bengkulu, Sumatera Barat, dan daerah lain. Sedangkan untuk turis mancanegara yang berkunjung ke sini datang dari Korea, Jepang, Amerika Serikat, Nepal, dan beberapa negara Asia Tenggara.

“Untuk para wisatawan yang ingin menginap juga disediakan homestay, jika ingin lebih lama menikmati destinasi wisata seperti Palungguhan Toh Joyo yang terdapat minitur candi se-nusantara, wisata ternak kambing etawa, dan kebun jeruk petik sendiri (JPS). Juga disediakan micro bus jika berkunjung ke lokasi wisata lainnya di Desa Melati II,” pungkas Supardi.

Sementara Kadis PMD Sergai H. Ikhsan AP melalui Kabid UED dan PKP Samsul Sijabat, SE yang juga Ketua Pokja mengatakan, upaya mendorong pengembangan desa wisata menjadi prioritas dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda