Antisipasi Laka Lantas, Polisi dan BNN Lakukan Test Urine Pengemudi

596

PALUTA-SUMUT, BERITAANDA – Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi yang melintas di Jalan Lintas Gunung Tua-Langga Payung, tepatnya Desa Batang Baruhur Julu Kecamatan Padang Lawas Utara, Kamis (30/5/2019).

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib bertindak langsung memimpin operasi, dalam rangka pelaksanaan kegiatan test urine yang menyasar para pengemudi angkutan umum maupun angkutan pribadi di wilayah hukumnya.

Operasi ini bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah setempat, dengan melibatkan sejumlah petugas seperti Polres Tapsel, Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Lawas Utara, BNN Kabupaten Tapsel dan personel TNI dari Subdenpom 1/2-3 Padangsidimpuan.

“Tujuan dilakukannya kegiatan ini guna menimbulkan rasa aman, baik terhadap pengemudi dan penumpang, disaat menjalani mudik lebaran,” ujar Kapolres Tapsel Irwa Zaini Adib, didampingi Kasat Resnarkoba AKP Zulfikar.

Selain itu, tambah dia, juga bertujuan sebagai langkah antisipasif dalam menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, dikarenakan terdampak pengaruh narkoba ataupun minuman keras, yang bisa saja memakan korban.

Disisi lain, Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Andar Amin Harahap, yang juga turut hadir dalam operasi, dalam arahannya kepada para pengemudi yang terlibat pemeriksaan meminta, jangan sampai merasa terganggu akibat dilaksanakannya kegiatan dimaksud.

Dia pun berpesan, kiranya pengendara senantiasa menjaga kondisi fisik tetap fit dan tidak memakai obat-obatan terlarang. Dan apabila didera rasa lelah, maka sebaiknya istirahat sejenak, sampai dirasa aman untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Selama razia berlangsung, tercatat ada sekitar 30 orang pengemudi yang berhasil diperiksa. Namun, dari hasil pemeriksaan menunjukkan tidak seorangpun terindikasi menggunakan narkoba ataupun mengkonsumsi minuman keras.

Operasi diikuti oleh para Kabag Polres Tapsel, Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang, Dan Subdenpom 1/2-3 Padangsidimpuan Kapten CPM K. Abeahan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta MUI Kabupaten Paluta. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda