Aditya Utomo: TP4D Hanya Sebatas Pendampingan Yuridis

355

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Terkait fungsi Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kajari Belitung Timur (Beltim) Widagdo SH melalui Kasi Intel Kejari Aditya Utomo SH mengaku bahwa pihaknya akan mengawal proyek pemerintah kabupaten dengan pagu dananya mencapai miliaran rupiah, jika diminta pendampingan dari pihak terkait.

“Tidak semua pekerjaan kita dampingi. Namun, di Beltim ini ada 18 kegiatan pekerjaan yang sudah kita dampingi, baik itu fisik maupun pengadaan. Mulai proses awal hingga akhir. Dalam pelaksanaan pekerjaannya, kita turun bersama tim pengawas, PPTK, dan PPK. Disini sifatnya kita (TP4D -red) tidak termasuk dalam teknis, tapi pada non teknisnya, yaitu pendampingan pada yuridis saja,” ujar Aditya, Selasa (27/8/2019).

“Sebagai contoh pekerjaan menurut kontraktornya sudah 30%, sementara dari pengawas 20%, ini yang berkaitan dengan pencairan, terakhir endingnya ada di PPTK. Sedangkan kami tidak ada kewenangan untuk itu. Disini kita lihat dasar hukumnya, ada apa tidak,” tegas Adityo.

Lebih lanjut dikatakan dia, jika proyek bermasalah kita bisa juga paling depan untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kejaksaan bukan pihak pemutus dan bukan mengambil sebuah kebijakan, jika terkait permasalahan di teknis, namun kami bisa cari tenaga ahli sesuai dengan bidangnya,” pungkas Aditya. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda