Ada Pemutihan, BBN Samsat Provinsi Jambi Berhasil Kumpulkan Pajak Rp800 Juta

1115

JAMBI, BERITAANDA – Seluruh masyarakat Provinsi Jambi segera memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Hal ini dikatakan oleh Kepala Bakeuda Provinsi Jambi, Agus Pirngadi.

Kata dia, Pemutihan Bea Balik Nama Kendaran Bermotor II (BBNKB II) akan dimulai Ahad tanggal 6 sampai dengan 31 Maret 2019, saat penyambutan kedatangan Gubernur Jambi.

“Sudah dimatangkan pada bulan Oktober 2018 lalu, dan besok akan mulai diberlakukan,” jelasnya.

Lanjut dia, pemutihan ini hanya berlaku berlakukan untuk BBN II Saja.

“Pemutihan BBN II adalah pindah nama kepemilikan kendaraan, baik antar daerah dan luar daerah, dengan tujuan yakni untuk menertibkan kepemilikan kendaraan bermotor, menambah potensi wajib pajak dikemudian hari,” ucapnya.

Hingga bulan Februari 2019, Samsat Provinsi Jambi telah berhasil atau mengumpulkan akan dana dari BBN II sebesar Rp800 juta.

“Para wajib pajak tersebut merasakan terbantu, karena selama ini para wajib pajak BBN II membayar pajak ke daerah asal kendaraan itu dibeli, dengan adanya program pemutihan dari Samsat Provinsi Jambi mendapatkan keuntungan bagi Pemerintah Provinsi Jambi,” ujarnya.

Kata dia, fiskal bertujuan untuk memeriksa apakah pemilik kendaraan tersebut sudah melunasi kewajiban pajak kendaraannya di tempat yang lama, dan memastikan kendaraan tersebut pajaknya masih hidup minimal tiga bulan. Hal ini bertujuan untuk menambah potensi jumlah kendaraan bermotor yang ada di Provinsi Jambi.

“Yang pada akhirnya nantinya menambah hasil penerimaan asli daerah khusus dari pajak kendaraan bermotor PKB,” jelasnya.

“Tujuan berikutnya adalah agar para pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan plat di luar Provinsi Jambi bisa memutasikan nomor kendaraan tersebut ke Provinsi Jambi,” pungkas dia. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda