189 Pejabat Administrator Ikuti Penjelasan Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja

224

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Sebanyak 189 Pejabat Administrator (Eselon III) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) mengikuti penjelasan kegiatan uji kompetensi dan penilaian kinerja, di aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Jumat (22/3/2019).

Acara yang dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto itu, dihadiri tim penilai dan tim assessor uji kompetensi dan penilaian kinerja yang diketuai oleh DR. Dedi Hermawan, S.Sos, M.Si.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkab Lampung Selatan, Akar Wibowo mengungkapkan, penilaian kompetensi dan kinerja tersebut dilakukan terhadap 189 peserta yang berasal dari pejabat administrator definif. Rinciannya, 62 pejabat Eselon III a dan 127 Eselon III b.

“Jumlah keseluruhan formasi jabatan Administrator Eselon III di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 212, yang terdiri dari 189 formasi jabatan yang terisi atau definitif, dan 23 formasi jabatan kosong yang saat ini diisi oleh pelaksana tugas,” kata Akar.

Lebih lanjut Akar menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan penilaian kompetensi dan kinerja tersebut, adalah untuk mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan objektifitas yang dapat diandalkan. Kemudian, menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang spesifik dan terencana bagi pegawai, serta mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi pegawai.

“Target yang ingin dicapai adalah tersedianya data kompetensi Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang akurat, objektif dan dapat dipertanggung jawabkan. Kegiatannya dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret mendatang,” ujar Akar.

Sementara, Nanang Ermanto dalam arahnnya mengatakan, kegiatan itu penting bagi kapasitas diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat Eselon III. Karena dari kompetensi dan penilaian itu Pemkab Lampung Selatan akan mendapatkan kompetensi yang menyeluruh dari para pejabat.

“Saya butuh suatu organisasi yang benar-benar solid. Melalui kompetensi dan penilaian ini, kedepan pengkaderan kita lakukan benar-benar secara profesional,” imbuh Nanang.

Nanang juga mengungkapkan, nantinya hasil dari penilaian tersebut akan menjadi bahan evaluasi dirinya, sekaligus untuk mendapatkan informasi terperinci dan kmprehensif dari pejabat-pejabat yang menduduki jabatan itu sendiri, sehingga tersusun standarisasi kompetensi jabatan ASN.

“Hasil penilaiannya ini pun, nanti hanya saya yang mengetahuinya. Seperti kemarin (Eselon II) ada yang bagus ada yang jeblok. Polanya seperti apa, nanti saya yang menentukan, jadi tidak ada main-main diluar tim saya dalam penempatan jabatan,” tandasnya.

“Intinya, saya ingin mencari kaderisasi calon-calon pemimpin yang akan saya promosikan agar bisa naik setingkat lebih tinggi. Karena pemerintahan ini, akan saya jalankan dengan profesional untuk Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda