1.008 Persil Sertifikat Redistribusi BPN Sekadau Diserahkan Bupati ke Masyarakat

208
Penyerahan sertifikat redistribusi dilaksanakan secara simbolis oleh bupati, perwakilan BPN, pemerintah kecamatan dan desa kepada perwakilan masyarakat penerima.

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus SH M.Si menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah program redistribusi hasil pelaksanaan program Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sekadau tahun 2019 lalu, Selasa (28/1/2020).

Tercatat sebanyak 1.008 persil sertifikat diserahkan kepada masyarakat penerima di 2 desa, yakni Desa Paniti sebanyak 400 persil dan Desa Ensalang 608 persil di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir.

Bupati Rupinus mengatakan bahwa tanah merupakan aset panting bagi masyarakat Indonesia, yang sebagian besar menggantungkan hidupnya kepada tanah tersebut.

“Sebelum terbitnya regulasi yang mengatur tentang penataan, penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah, terdapat ketimpangan penguasaan, pemilikan tanah, khususnya bagi orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari tanah pertanian,” terang bupati.

Dikatakan bupati lagi, pada era pemerintahan saat ini, reformasi agraria merupakan salah satu program prioritas nasional dan dituangkan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

“Dengan pertimbangan bahwa saat ini pemerintah masih perlu mewujudkan pemerataan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, dengan disahkannya peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang reformasi agraria,” jelasnya.

“Pemerintah memberikan kesempatan yang sama bagi warga negara untuk memiliki hak atas tanah, mendapatkan manfaat dan hasil dari tanah tersebut untuk kesejahteraan hidupnya,” tambah dia.

Kegiatan redistribusi tanah ini pada tahun 2018 dilaksanakan di Kecamatan Sekadau Hulu dan Kecamatan Nanga Mahap sebanyak 6.050 bidang, yang terdiri dari beberapa desa. Dan pada tahun 2019 di Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan Nanga Taman sebanyak 9.500 bidang.

“Rencana kegiatan redistribusi tanah untuk tahun 2020 ini sebanyak 10.000 bidang,” tambah Rupinus.

Kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan BPN, dinas terkait, Pemerintah Kecamatan Sekadau Hilir serta perangkat Desa Peniti dan Ensalang. Dalam kegiatan ini juga diadakan pegobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis serta sunat massal oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda