Wabup Sintang Hadiri Kegiatan Gawe Dayak di Kecamatan Tempunak

204

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Ribuan masyarakat suku Dayak Seberuang dan suku Dayak Ketungau di Desa Mensiap Baru Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang, Jumat (5/7/2019), melaksanakan gawe nyelapat tahun (gawe Dayak) yang dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka acara kegiatan tersebut.

Askiman mengatakan, bahwa kegiatan gawe Dayak yang dilaksanakan masyarakat di Desa Mensiap Baru ini tidak hanya merupakan rutinitas, namun memiliki makna yang sangat luar biasa bagi kita semunya.

”Kita sebagai masyarakat Dayak tentu memiliki adat istiadat, seni budaya, dan selayaknya kita bisa disebut masyarakat adat, memiliki nilai sejarah yang harus tetap kita jaga dari nenek moyang kita, seperti pelaksanaan gawe Dayak ini yang kita laksanakan rutin setiap tahun,” jelas dia.

Wabup kembali menjelaskan, sebagai masyarakat Dayak yang memiliki adat istiadat, mari kita gali potensi seni budaya kita, gali semua adat istiadat yang kita miliki.

Sementara itu, ketua panitia Senen Ardianto mengatakan bahwa pekan gawe Dayak yang dilaksanakan ini merupakan tahun yang kedua, yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh masyarakat, guna melestarikan budaya Dayak.

“Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada suku Jawa yang ada di Desa Mensiap Baru Kecamatan Tempunak yang juga telah banyak terlibat dalam kegiatan ini,” terang dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda