Tol Pematang Panggang-Kayuagung Siap Dibuka Sepekan Jelang Lebaran

524

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pembangunan jalan tol Pematang Panggang-Kayuagung dan Kayuagung-Palembang dipastikan dapat digunakan pemudik dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya. Tol fungsional ini sendiri, diproyeksikan dapat beroperasional penuh sebelum Oktober tahun ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dalam rangkaian kegiatan tour perdana tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang mengatakan, bangga dan puas atas keuletan PT Waskita Karya dan PT Hutama Karya dalam menyelesaikan kedua ruas jalan tol ini. Rini juga berharap, atas kegigihan bekerja siang-malam dapat menuntaskan proyek tol sesuai dengan tenggat waktu.

“Mudah-mudahan selesai tepat waktu, hingga bulan Oktober mendatang dapat diresmikan,” ujarnya di Check Point Interchange Kayuagung, Jumat (24/5/2019).

Sementara itu, Kepala Divisi 6 Tol Sumatera Heri Supriadi mengungkapkan, progres Tol Kayuagung- Palembang 77,7 persen masih dalam kondisi jalan agregat, dengan sebagian baru diaspal lantaran kondisi cuaca kurang baik.

Heri menambahkan, agregat hanya sepanjang 7 kilometer ini sendiri tersebar di sejumlah titik, diantaranya di KM 13, KM 9 hingga KM 16, dengan sebagian jalan di aspal.

“Untuk rest area Interchange Jejawi di KM 37 juga sudah dilengkapi fasilitas toilet, kesehatan, mobil derek, ambulance 3 unit beserta tim medisnya,” terang dia.

Ditambahkannya lagi, pintu keluar Pematang Panggang-Kayuagung terdapat alternatif exit tol, yakni Tanjung Pasir Jakabaring.

“Selain exit tol di Jakabaring, juga terdapat di Tanjung Pasir di Jakabaring, tetapi keluarnya masih di jalan Lingkar Selatan,” ungkapnya.

Kepala Cabang Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayuagung dari PT Hutama Karya, Yoni Setyo mengatakan, untuk fungsional tol PPKA sudah siap dibuka pada H-7 mendatang hingga H+7.
Pemudik akan merasa nyaman

Tak hanya itu, mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan pemudik, pihaknya dari Tol Terbanggi-  Pematang Panggang-Kayuagung di siapkan 7 unit mobil derek, 7 unit mobil patroli, 4 unit mobil ambulance, serta 3 unit mobil rescue yang dilengkapi tenaga medis.

“Dari Terbanggi Besar- Kayuagung disiapkan enam titik rest area sementara, toilet dan musholla bersifat portable. Sementara SPBU terdapat moduler dan motoris,” jelasnya.

Ditambahkannya, masih ada dua titik pengerjaan untuk pelapisan aspal karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Tapi sebelum H-7 pihaknya optimistis semua sudah selesai dikerjakan, karen tol PPKA akan fungsional.

“Untuk arus mudik jalan tersebut bisa dilalui pemudik asal Jawa, Lampung Ke Sumatera. Sementara arus balik pemudik asal Sumatera ke Jawa. Karena satu pintu jadi nanti akan dilakukan sistem buka tutup,” tuntasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda